Destatis: Inflasi Jerman naik jadi 8,7 persen pada Januari 2023

Papan harga terlihat di sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Berlin, Jerman, pada 1 Februari 2023. (Xinhua/Stefan Zeitz)

Inflasi di Jerman mencapai 10,4 persen pada Oktober 2022 dan turun menjadi 8,6 persen pada Desember, namun, “Meskipun puncaknya mungkin sudah berlalu, masih terlalu dini untuk menyatakan semuanya aman.”

 

Berlin, Jerman (Xinhua) – Setelah turun selama dua bulan berturut-turut, inflasi Jerman pada Januari 2023 naik tipis menjadi 8,7 persen, menurut data awal yang dirilis oleh Kantor Statistik Federal Jerman (Destatis) pada Kamis (9/2).

Inflasi yang tercatat di perekonomian terbesar Eropa itu mencapai 10,4 persen pada Oktober tahun lalu dan turun menjadi 8,6 persen pada Desember, menurut data resmi.

“Meskipun puncaknya mungkin sudah berlalu, masih terlalu dini untuk menyatakan semuanya aman,” kata Fritzi Koehler-Geib, kepala ekonom di bank pembangunan Jerman KfW sembari menambahkan, “Inflasi mencapai perekonomian yang luas.”

Inflasi di Jerman
Orang-orang mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan di Berlin, Jerman, pada 1 Februari 2023. (Xinhua/Stefan Zeitz)

Melonjaknya harga energi dan pangan menjadi pendorong utama inflasi. Demi meredam dampak kenaikan harga pada masyarakat, pemerintah Jerman mengeluarkan paket-paket bantuan ekstensif, termasuk bantuan ‘payung pelindung’ senilai 200 miliar euro untuk membatasi harga gas dan listrik.

Pembayaran satu kali pertama untuk membantu masyarakat menutupi biaya gas dan pemanas pada Desember tahun lalu telah memberikan dampak penurunan pada inflasi, menurut Destatis.

Namun, “sulit untuk mengukur dampak berbagai subsidi gas dan listrik pada tingkat harga konsumen,” kata Axel Lindner, wakil kepala Departemen Makroekonomi di Halle Institute for Economic Research (IWH), kepada Xinhua pada Kamis.

Inflasi di Jerman
Foto yang diabadikan pada 11 November 2022 ini memperlihatkan berbagai produk di dalam troli belanja di sebuah pasar swalayan di Berlin, ibu kota Jerman. (Xinhua/Ren Pengfei)

Untuk 2023, pemerintah Jerman memperkirakan inflasi tahunan akan turun menjadi 6 persen.

Meskipun inflasi akan tetap di atas level historis tahun ini, upaya “pembalikan tren telah dimulai,” kata Kementerian Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim (BMWK) Jerman dalam sebuah pernyataan pada akhir Januari, ketika merilis perkiraannya.

*1 euro = 16.232 rupiah

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan