Banner

Nusuk adalah portal terpadu yang diluncurkan oleh Otoritas Pariwisata Saudi bekerja sama dengan Kementerian Haji dan Umroh, yang bertujuan untuk mengembangkan pengalaman para tamu Tanah Suci dan memfasilitasi prosedur kedatangan mereka dalam melaksanakan ibadah dan kunjungan.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan menggelar roadshow untuk mengenalkan platform terpadu dan interaktif ‘Nusuk’, sebuah program khusus untuk melayani pengunjung kota suci Makkah dan Madinah, pada 30 April di Jakarta.

Banner

Acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi, Dr. Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah dan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Qoumas, bersama dengan sejumlah pejabat resmi Indonesia dan Dinas Pariwisata Saudi.

Nusuk adalah portal terpadu yang diluncurkan oleh Otoritas Pariwisata Saudi bekerja sama dengan Kementerian Haji dan Umroh, yang bertujuan untuk mengembangkan pengalaman para tamu Tanah Suci dan memfasilitasi prosedur kedatangan mereka dalam melaksanakan ibadah dan kunjungan.

Nusuk menyatukan lebih dari 700 mitra mitra komersial yang mewakili agen perjalanan, pariwisata, dan umroh, baik dari Arab Saudi maupun Indonesia, serta menyediakan banyak layanan berkualitas tinggi, seperti akomodasi, transportasi, penerbangan, perhotelan, pengajuan visa elektronik, serta kunjungan ke Masjid Nabawi dan Al-Rawdah Al-Sharifa di Madinah. Seluruh layanan ini, berikut prosedurnya, dapat diperoleh secara otomatis dengan apa pun jenis visa yang dikantongi oleh para pengunjung.

Banner

Nusuk juga bertujuan untuk menyempurnakan pengalaman para tamu Tanah Suci dan meningkatkan jumlah pengunjung asing, yang sejalan dengan Visi Saudi 2030.

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah jamaah umroh, dan pengunjung terbanyak ke Arab Saudi, menurut statistik resmi negara kerajaan tersebut. Tahun lalu, Arab Saudi menerima sekitar 1,5 juta jamaah umroh dan pengunjung dari Indonesia.

Roadshow ini diharapkan berkontribusi dalam memperkuat kemitraan strategis antara perwakilan dari sektor swasta yang bergerak di bidang perjalanan ibadah dan komersial dari kedua negara, guna meningkatkan kualitas layanan yang disediakan bagi para jamaah dan pengunjung Dua Masjid Suci.

Banner

Selama roadshow berlangsung Saudi akan mempresentasikan program pengalaman ‘Umrah+ Trip Al Hijrah’, yang menawarkan perjalanan transformatif, mengundang para pengunjung untuk menjelajahi Arab Saudi di luar perjalanan spiritualnya, untuk menikmati kisah di balik setiap destinasi perjalanan yang mencakup berbagai lokasi di wilayah Kerajaan itu.

Indonesia adalah salah satu pasar terpenting di Asia Tenggara, sehingga gelaran roadshow yang disertai dengan pameran layanan di Tanah Suci menunjukkan hubungan kuat antara kedua negara. Kuatnya hubungan bilateral ini juga ditandai dengan banyaknya kesamaan aspek, meningkatnya pertukaran antara kedua negara, serta kepastian kunjungan yang aman dan nyaman bagi pengunjung Indonesia yang menyambangi Arab Saudi.

Nusuk telah memasukkan Bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa layanan utamanya, yang menjelaskan keandalan, keamanan, informasi dan panduan yang bermanfaat dalam melaksanakan umroh, dan kemungkinan bagi perempuan untuk menjalankan ibadah dan kunjungan tanpa pendamping laki-laki.

Banner

Nusuk juga menunjukkan kegiatan, acara, tempat bersejarah, dan perjalanan yang memperkaya pengalaman para pengunjung selama berada di Makkah dan Madinah, akses ke platform perjalanan dan pariwisata untuk memesan berbagai program dan paket, serta untuk memilih beragam penawaran dari mitra swasta.

Selama roadshow, Otoritas Pariwisata Saudi (Saudi Tourism Authority) juga akan menyajikan pengalaman teknologi realitas virtual (VR) kepada masyarakat Indonesia dan para wisatawan dari berbagai negara di dunia, yang digelar mulai 1 hingga 5 Mei.

Bertempat di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, acara tersebut juga memberikan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan yang terakreditasi oleh platform di pasar Indonesia untuk memamerkan layanan mereka, termasuk paket-paket umrah bagi mereka yang ingin melakukan ibadah.

Banner

Selain mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah di dua kota suci, Nusuk menyediakan pengalaman mengunjungi beragam destinasi wisata Saudi, yang mencakup wisata alam dan budaya, serta pengalaman menetap di negara kerajaan tersebut selama 90 hari hingga satu tahun.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan