Banner

Ekonomi Jerman susut 0,2 persen pada kuartal keempat 2022

Foto yang diabadikan pada 11 November 2022 ini memperlihatkan sejumlah barang di troli belanja di sebuah pasar swalayan di Berlin, ibu kota Jerman. (Xinhua/Ren Pengfei)

Ekonomi Jerman terhambat oleh krisis energi yang masih berlangsung, menyebabkan inflasi tinggi mengurangi pendapatan yang tersedia dari banyak konsumen, dengan satu dari tiga penduduk Jerman mengaku “sangat khawatir” bahwa mereka tidak memiliki cukup uang untuk bertahan hidup.

 

Berlin, Jerman (Xinhua) – Krisis energi terus menghambat laju perekonomian Jerman, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) turun sebesar 0,2 persen pada kuartal keempat 2022 jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, menurut data awal yang dipublikasikan oleh Kantor Statistik Federal Jerman (Destatis) pada Senin (30/1).

Banner

Setelah Jerman “menunjukkan kinerja yang baik terlepas dari kondisi sulit pada tiga kuartal pertama,” kinerja ekonomi negara itu kembali mengalami penurunan tipis, kata Destatis. Pengeluaran konsumen swasta, yang sebelumnya memberikan efek penstabil, juga mulai merosot.

Inflasi tinggi mengurangi pendapatan yang tersedia dari banyak konsumen, dengan satu dari tiga penduduk Jerman mengaku “sangat khawatir” bahwa mereka tidak memiliki cukup uang untuk bertahan hidup, menurut Federasi Retail Jerman (HDE).

Ekonomi Jerman
Seorang konsumen meninggalkan sebuah pusat perbelanjaan di Berlin, ibu kota Jerman, pada 7 November 2022. (Xinhua/Ren Pengfei)

Didorong oleh lonjakan harga energi, inflasi di Jerman mencapai puncak di angka 10,4 persen pada Oktober, sebelum melambat menjadi 8,6 persen pada akhir 2022. Kendati demikian, kebijakan-kebijakan inflasi untuk meringankan beban konsumen, seperti pembatasan harga energi, telah memberikan efek peredam terhadap harga.

Banner

Sebagai hasil dari kebijakan-kebijakan tersebut, pemerintah Jerman kini memperkirakan bahwa inflasi akan mengalami penurunan yang lebih tajam dari yang diperkirakan baru-baru ini. Alih-alih turun menjadi 7 persen seperti prediksi sebelumnya, tingkat inflasi tahunan diperkirakan turun menjadi 6 persen pada 2023.

Ekonomi Jerman
Fasilitas jaringan listrik tegangan tinggi terlihat di pinggiran kota Berlin, Jerman, pada 15 September 2022. (Xinhua/Ren Pengfei)

Pekan lalu, Menteri Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim Jerman Robert Habeck menyampaikan pandangan positif ketika dirinya memprediksi bahwa negara itu akan terhindar dari resesi tahun ini, dengan perkiraan pertumbuhan sebesar 0,2 persen. Jerman telah menjadikan krisis energi “memungkinkan untuk dikelola,” sebut Habeck, tetapi dia memperingatkan bahwa ini semua belum berakhir.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan