Menlu Rusia puji hubungan tingkat tinggi dengan China

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menghadiri konferensi pers tentang kinerja diplomasi Rusia pada 2022 di Moskow pada 18 Januari 2023. (Xinhua/Kementerian Luar Negeri Rusia)

Hubungan Rusia-China tak diragukan lagi mencatatkan periode terbaik di sepanjang sejarah hubungan tersebut, dengan koordinasi erat di dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), serta melawan beragam tantangan dan ancaman baru lewat Organisasi Kerja Sama Shanghai, BRICS, serta kerja sama antara Uni Ekonomi Eurasia dengan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra.

 

Moskow, Rusia (Xinhua) – “Hubungan Rusia-China tak diragukan lagi mencatatkan periode terbaik di sepanjang sejarah hubungan tersebut,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov pada Rabu (18/1).

Hubungan ini bersifat pragmatis, saling percaya, dan saling menghormati. Hubungan ini dapat dikategorikan sebagai format yang ideal bagi hubungan antarnegara mana pun,” tutur Lavrov dalam konferensi pers tahunannya.

“Kami berkoordinasi erat di dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), serta melawan beragam tantangan dan ancaman baru lewat Organisasi Kerja Sama Shanghai, BRICS (Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan), serta kerja sama antara Uni Ekonomi Eurasia dengan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra,” yang akan membantu memperkuat kemitraan koordinasi strategis komprehensif Rusia-China, imbuh Lavrov.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan