PM China bertemu dengan PM Pantai Gading

Foto yang diabadikan pada 27 Maret 2023 ini memperlihatkan alun-alun air mancur di depan Boao Forum for Asia International Conference Center di Boao, Provinsi Hainan, China selatan. Forum Boao untuk Asia (Boao Forum for Asia/BFA) akan mengadakan konferensi tahunannya pada 28-31 Maret di Boao, sebuah kota pesisir di provinsi pulau Hainan, China, menurut situs web resmi forum tersebut. Forum tahun ini akan sepenuhnya digelar secara luring dengan mengusung tema ‘Dunia yang Tidak Pasti: Solidaritas dan Kerja Sama untuk Pembangunan di Tengah Tantangan’ (An Uncertain World: Solidarity and Cooperation for Development amid Challenges). (Xinhua/Fan Yuqing)

Hubungan diplomatik China-Pantai Gading telah berlangsung selama 40 tahun, menjadi awal baru untuk mendorong hubungan bilateral ke jenjang baru, serta berkontribusi pada pembangunan komunitas China-Afrika tingkat tinggi dengan masa depan bersama.

 

Boao, Hainan, China (Xinhua) – Perdana Menteri (PM) China Li Qiang bertemu dengan Perdana Menteri Pantai Gading Patrick Achi pada Rabu (29/3) di Boao di Provinsi Hainan, China, dan kedua pihak berjanji meningkatkan hubungan bilateral ke jenjang baru.

Mencatat bahwa China memandang Pantai Gading sebagai mitra kerja sama yang penting, Li mengatakan bahwa pihaknya siap memperingati 40 tahun pembentukan hubungan diplomatik sebagai awal baru untuk mendorong hubungan bilateral ke jenjang baru, serta berkontribusi pada pembangunan komunitas China-Afrika tingkat tinggi dengan masa depan bersama.

Dikatakan oleh Li bahwa China menghargai dukungan yang ditunjukkan oleh Pantai Gading untuk Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra, Inisiatif Pembangunan Global (Global Development Initiative/GDI), dan Inisiatif Keamanan Global (Global Security Initiative/GSI), serta ketaatannya pada prinsip Satu China.

China akan mempertahankan pertukaran dan kerja sama yang lebih erat di semua tingkat dan bidang dengan Pantai Gading, meningkatkan integrasi rencana pembangunan, mendorong perusahaan China untuk berinvestasi di Pantai Gading, memperdalam kerja sama di bidang pertanian, infrastruktur, ekonomi digital, energi baru dan pembangunan hijau, serta membantu Pantai Gading mencapai swasembada biji-bijian dan memajukan industrialisasi, kata Li.

“Diharapkan bahwa Pantai Gading akan menyediakan lingkungan bisnis yang sehat dan jaminan hukum bagi perusahaan-perusahaan China,” kata Li, seraya menambahkan bahwa China siap membantu Pantai Gading melatih lebih banyak tenaga kerja, serta menyambut lebih banyak pemuda dari Pantai Gading untuk melanjutkan studi di China.

Achi, yang menghadiri konferensi tahunan Forum Boao untuk Asia, mengatakan bahwa dia menghargai dukungan kuat China terhadap pembangunan infrastruktur dan perjuangan Pantai Gading melawan pandemik.

Pantai Gading menjunjung tinggi prinsip Satu China, berpartisipasi aktif dalam kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra, dan bersedia memperdalam kerja sama dengan China di bidang investasi, pertanian, pendidikan, dan kepemudaan, kata Achi.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan