Banner

Xi Jinping bertemu Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa, kuatkan sinergi strategi

Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa di Riyadh, Arab Saudi, pada 9 Desember 2022. (Xinhua/Huang Jingwen)

Hubungan Bahrain dan China sangat bersahabat, dan Bahrain menganggap China sebagai mitra strategis penting, dengan kaum muda di negara Timur Tengah ini menyukai China, tertarik pada China, dan percaya bahwa China mewakili masa depan.

 

Riyadh, Arab Saudi (Xinhua) – China bersedia untuk memperkuat sinergi strategi pembangunan dengan Bahrain dan secara aktif berpartisipasi dalam berbagai proyek pembangunan ekonominya, demikian disampaikan Presiden China Xi Jinping pada Jumat (9/12) dalam pertemuan dengan Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa di Riyadh.

Banner

China juga ingin meningkatkan kerja sama di bidang medis dan kesehatan, serta mempromosikan pendidikan bahasa Mandarin di Bahrain, kata Xi dalam pertemuan tersebut.

Menyebut bahwa China mendukung Bahrain dalam menjaga kedaulatan, keamanan, dan stabilitas nasionalnya, Xi memuji Bahrain atas dukungan tegas dan jangka panjangnya kepada China dalam isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan inti China.

China mengapresiasi upaya yang dilakukan Bahrain untuk mempromosikan kerja sama China dengan negara-negara Arab dan Dewan Kerja Sama Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC), tutur Xi, seraya menambahkan bahwa China bersedia bekerja sama dengan Bahrain untuk mempromosikan pengembangan hubungan China-Arab dan China-GCC yang lebih besar lagi.

Banner

China mengucapkan selamat kepada Bahrain yang telah menjadi mitra dialog Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organization/SCO), serta bersedia untuk memperkuat komunikasi dan kolaborasi dengan Bahrain pada sejumlah platform multilateral, imbuh Xi.

Hubungan Bahrain dan China
Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa di Riyadh, Arab Saudi, pada 9 Desember 2022. (Xinhua/Huang Jingwen)

Menekankan bahwa Bahrain dan China menikmati hubungan yang sangat bersahabat dan Bahrain menganggap China sebagai mitra strategis penting, Raja Hamad mengatakan bahwa kaum muda di Bahrain menyukai China, tertarik pada China, dan percaya bahwa China mewakili masa depan.

Kerja sama antara Bahrain dan China tidak terbatas, kata Raja Hamad, menambahkan bahwa Bahrain dengan tulus berharap semakin banyak kerja sama dengan China di berbagai bidang termasuk ekonomi, perdagangan, infrastruktur, dan kesehatan, sehingga lebih banyak hasil akan dicapai.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan