Haji1441 – Jamaah kenakan gelang “Tatman” untuk berkomunikasi

Haji1441 – Jamaah kenakan gelang “Tatman” untuk berkomunikasi
Selama menunaikan ibadah haji 1441 Hijriah/2020 para jamaah mengenakan gelang pintar bernama “Tatman” yang berfungsi untuk membimbing dan mengatur pergerakan mereka, dan memungkinkan mereka berkomunikasi dengan para pemandu dan pejabat haji Arab Saudi. (Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi/Kementerian Media Arab Saudi)

Jakarta (Indonesia Window) – Selama menunaikan ibadah haji 1441 Hijriah/2020 yang diselenggarakan dengan penuh perbedaan dibanding tahun-tahun sebelumnya karena pandemik COVID-19 yang belum berakhir, para jamaah mengenakan gelang pintar bernama “Tatman”.

Gelang tersebut berfungsi untuk membimbing dan mengatur pergerakan jamaah haji, dan memungkinkan mereka berkomunikasi dengan para pemandu dan pejabat haji Arab Saudi.

Gelang terhubung ke telepon para jamaah dengan menggunakan teknologi Bluetooth dan dapat digunakan selama maksimal 30 hari tanpa perlu mengisi ulang.

Gelang ringan dengan tali yang nyaman itu akan memberikan peringatan langsung jika koneksi terputus atau rusak, atau jika ada upaya untuk menghilangkannya.

Gelang tersebut juga berfungsi memastikan jamaah menjalankan karantina rumah setelah selesai menunaikan ibadah haji.

Kementerian Haji dan Umrah kerajaan menyediakan penginapan bagi mereka di Mina setelah sebagai upaya pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19.

Selama menjalankan Rukun Islam kelima itu, para jamaah mendapatkan makanan yang telah disiapkan oleh kementerian dengan menerapkan protokol kesehatan.

Para jamaah juga memperoleh masker kesehatan, payung, sajadah, dan perlengkapan lainnya yang diperlukan agar mereka senantiasa mematuhi protokol kesehatan haji.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here