Banner

Suhu malam hari di Mongolia barat anjlok hingga minus 50 derajat Celsius

Foto yang diabadikan pada 20 Desember 2023 ini menunjukkan permukiman di padang rumput di wilayah Ujimqin Barat (West Ujimqin Banner), Prefektur Xilingol, Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara. (Xinhua/Peng Yuan)

Front dingin ekstrem yang berasal dari Siberia, Rusia, melanda wilayah yang luas di Mongolia, menyebabkan penurunan suhu dan membawa angin kencang serta badai salju.

 

Ulan Bator, Mongolia (Xinhua) – Suhu pada malam hari anjlok hingga minus 50 derajat Celsius di Zuungovi, sebuah subdivisi administratif di Provinsi Uvs, Mongolia barat, dari Selasa (19/12) hingga Rabu (20/12), menurut badan pemantau cuaca negara tersebut.

Banner

Angka tersebut menandai suhu terdingin di Mongolia pada musim dingin kali ini, ungkap Badan Nasional Meteorologi dan Pemantauan Lingkungan dalam sebuah pernyataan pada Rabu.

Sejak awal pekan lalu, front dingin (cold front) ekstrem yang berasal dari Siberia, Rusia, melanda wilayah yang luas di Mongolia, menyebabkan penurunan suhu dan membawa angin kencang serta badai salju.

Front dingin merupakan bagian terdepan dari massa udara yang lebih dingin, yang bergerak maju dan menggantikan massa udara yang lebih hangat (di permukaan tanah) dengan mengangkatnya saat melewatinya.

Banner

Front dingin tampak seperti gulungan awan gelap yang menggantung rendah, biasanya bergerak maju dengan kecepatan 30 hingga 80 km/jam. Ketika tiba di suatu wilayah, langit dengan cepat tertutup dan sinar matahari berkurang secara signifikan.

Gelombang dingin tersebut diperkirakan akan terus berlanjut hingga Jumat (22/12).

Front dingin ekstrem
Seorang penunggang kuda melatih kawanan kuda di padang rumput yang diselimuti salju di wilayah Ujimqin Barat (West Ujimqin Banner), Prefektur Xilingol, Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, pada 20 Desember 2023. (Xinhua/Peng Yuan)

Menurut badan cuaca itu, pada 26 Desember 1966, suhu turun drastis hingga minus 55,6 derajat pada malam hari di Zuungovi, yang merupakan suhu paling dingin yang pernah tercatat dalam sejarah Mongolia.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan