Kanada umumkan program makanan sekolah nasional

Anak-anak bermain dengan balok Lego dalam ajang Junior International Children’s Festival 2023 di Toronto, Kanada, pada 21 Mei 2023. (Xinhua/Zou Zheng)

Program Makanan Sekolah Nasional di Kanada menyasar penduduk asli First Nations, Inuit, dan Métis serta mitra-mitra Self-Governing dan Modern Treaty, yang banyak di antaranya memiliki tingkat kerawanan pangan tertinggi di negara Amerika Utara tersebut.

 

Ottawa, Kanada (Xinhua) – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Kamis (20/6) mengumumkan kebijakan pemerintah federal untuk melaksanakan Program Makanan Sekolah Nasional di seluruh negeri.

Dengan investasi sebesar 1 miliar dolar Kanada, atau setara 730 juta dolar AS, selama lima tahun, program ini akan menyediakan makanan bagi tambahan hingga 400.000 anak setiap tahunnya, di luar program makanan sekolah yang sudah ada saat ini, menurut pernyataan pers dari situs jejaring sang perdana menteri.

Secara umum, program ini diperkirakan dapat menghemat pengeluaran belanja bahan makanan hingga 800 dolar Kanada per tahun bagi keluarga dengan dua anak yang berpartisipasi, menurut pernyataan pers itu.

Program ini mencakup investasi yang akan mendukung program makanan sekolah bagi penduduk asli First Nations, Inuit, dan Métis serta mitra-mitra Self-Governing dan Modern Treaty, yang banyak di antaranya memiliki tingkat kerawanan pangan tertinggi di Kanada, lanjut pernyataan tersebut.

Menurut perkiraan Statistics Canada, pada 2022, sebanyak 22,3 persen keluarga dan lebih dari 2,1 juta anak berusia di bawah 18 tahun di Kanada dilaporkan mengalami kerawanan pangan pada level tertentu selama 12 bulan terakhir.

*1 dolar Kanada = 11.973 rupiah

**1 dolar AS = 16.420 rupiah

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan