Banner

DK PBB perpanjang mandat misi di Libya

Para perwakilan memberikan suara untuk sebuah draf resolusi dalam rapat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di markas besar PBB di New York pada 30 Oktober 2023. (Xinhua/UN Photo/Eskinder Debebe)

Mandat Misi Bantuan PBB di Libya (UN Support Mission in Libya/UNSMIL) disetujui akan diperpanjang selama satu tahun, hingga 31 Oktober 2024 mendatang.

 

PBB (Xinhua) – Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin (30/10) mengesahkan sebuah resolusi untuk memperpanjang mandat Misi Bantuan PBB di Libya (UN Support Mission in Libya/UNSMIL) selama satu tahun, hingga 31 Oktober 2024 mendatang.

Banner

Resolusi 2702, yang mengantongi dukungan bulat dari dewan yang beranggotakan 15 negara tersebut, mendesak lembaga-lembaga politik dan para pemangku kepentingan utama di Libya agar sesegera mungkin menyelesaikan isu-isu politik yang masih diperdebatkan berkenaan dengan pemilihan umum (pemilu).

Dalam hal ini, resolusi itu menyerukan kepada lembaga politik dan pemangku kepentingan di Libya untuk menjalin komunikasi dengan Abdoulaye Bathily, yang menjabat sebagai perwakilan khusus sekretaris jenderal PBB sekaligus kepala UNSMIL, dalam negosiasi terkait pelaksanaan pemilu yang bebas, adil, transparan, dan inklusif sesegera mungkin di negara tersebut.

Resolusi itu menekankan bahwa tidak boleh ada solusi militer di Libya dan menyerukan kepada semua pihak agar menghindari aksi kekerasan atau tindakan apa pun yang dapat meningkatkan ketegangan, memperburuk konflik, membahayakan warga sipil, serta melemahkan proses politik atau gencatan senjata 23 Oktober 2020.

Banner

Resolusi itu menyerukan kepada semua pihak agar mengimplementasikan secara penuh perjanjian gencatan senjata serta mendesak negara-negara anggota PBB untuk menghormati dan mendukung implementasi penuh tersebut, termasuk penarikan semua pasukan asing, pejuang asing, dan tentara bayaran dari Libya tanpa penundaan lebih lanjut.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan