Banner

Jakarta (Indonesia Window) – Pusat penelitian Gamaleya Rusia telah mengajukan dokumen kepada Kementerian Kesehatan untuk mendaftarkan vaksin virus corona semprot hidung dan mengharapkan obat tersebut didaftarkan dalam waktu dekat, kata Direktur Gamaleya Alexander Gintsburg kepada TASS pada Jumat (18/3).

“Tadi malam kami unggah semuanya, seluruh laporan, yang diperlukan untuk pendaftaran obat. Kementerian Kesehatan resmi menerima dokumen hari ini. Jika tidak ada kritik, kami akan mendapatkan sertifikat pendaftaran berdasarkan hasil tahap satu dan dua (uji coba), serta izin untuk merilis (vaksin) untuk didistribusikan ke publik dalam waktu dekat,” jelasnya.

Banner

Gintsburg juga mencatat bahwa tidak ada efek samping dari vaksin hidung yang tercatat. “Tidak ada efek samping, vaksin mengandung bahan yang sama, lampiran nosel semprot tidak memerlukan sertifikasi sehingga tidak boleh ada keberatan formal untuk pendaftaran,” tambah Gintsburg.

Pada Oktober 2021, Kementerian Kesehatan Rusia mengeluarkan izin untuk Gamaleya melakukan uji klinis fase dua vaksin virus corona semprot hidung.

Gintsburg mengatakan bahwa vaksin semprot hidung, yang mampu menciptakan penghalang ekstra untuk mencegah penularan virus, akan menjadi tambahan untuk suntikan vaksin biasa.

Banner

Sumber: TASS

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan