COVID-19 – Arab Saudi setujui vaksin Oxford-AstraZeneca

COVID-19 – Arab Saudi setujui vaksin Oxford-AstraZeneca
Ilustrasi. Otoritas Makanan dan Obat Arab Saudi (SFDA) pada Kamis (18/2/2021) menyetujui impor dan penggunaan vaksin Oxford-AstraZeneca melawan virus corona. (torstensimon from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Otoritas Makanan dan Obat Arab Saudi (SFDA) pada Kamis (18/2) menyetujui impor dan penggunaan vaksin Oxford-AstraZeneca melawan virus corona.

Otoritas memberikan izin tersebut berdasarkan data yang diberikan oleh produsen, namun mereka tetap akan menguji vaksin setelah menerima pengiriman, menurut Kantor Berita Arab Saudi (SPA).

Pihak berwenang menggunakan proses ilmiah untuk menyetujui vaksin berdasarkan hasil keamanan dan kemanjuran studi klinis dan data lain yang disediakan oleh produsen.

“Kami telah menggunakan lebih dari setengah juta dosis vaksin virus corona, dan rencana untuk mengembangkannya terus dipercepat,” kata Juru bicara Kementerian Kesehatan, Dr. Mohammed Al-Abdulaali.

Dia menambahkan bahwa Komite Nasional untuk Penyakit Menular telah menyetujui satu dosis untuk mereka yang sebelumnya telah terinfeksi virus, yang akan diberikan setidaknya enam bulan setelah setelah masa pemulihan.

Dosis tersebut, kata Al-Abdulaali, dianggap sebagai pendorong bagi kekebalan alami yang telah mereka bentuk, dan status kesehatan di aplikasi Tawakkalna akan tertulis ‘kebal pulih.

Dia juga menekankan bahwa vaksin adalah senjata yang kuat untuk memerangi pandemik, dan bahwa semua vaksin yang diberikan di Arab Saudi aman dan efektif.

Arab Saudi meluncurkan kampanye vaksinasi virus corona pada 17 Desember 2020 setelah menerima pengiriman pertama vaksin Pfizer-BioNTech sehari sebelumnya dalam upaya untuk mengendalikan wabah.

Arab Saudi adalah negara kedua di Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), setelah Bahrain, yang menggunakan Pfizer-BioNTech setelah disetujui oleh SFDA.

Mereka yang ingin menerima vaksin harus mendaftar melalui aplikasi Sehhaty yang dikelola Kementerian Kesehatan.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here