Banner

Banjir dan tanah longsor landa Sumatra Barat, dua orang tewas

Foto memperlihatkan rumah-rumah yang terendam banjir akibat hujan deras di Kabupaten Lima Puluh Kota di Provinsi Sumatra Barat, pada 18 Desember 2023. (Xinhua/Badan Nasional Penanggulangan Bencana)

Bencana hidrometeorologi, banjir dan tanah longsor, melanda beberapa daerah di Provinsi Sumatra Barat dan mengakibatkan dua orang tewas.

 

Jakarta (Xinhua) – Sejumlah bencana hidrometeorologi melanda beberapa daerah di Provinsi Sumatra Barat dan mengakibatkan dua orang tewas, kata seorang pejabat.

Banner

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah pada Senin (18/12) mengatakan kepada media lokal bahwa kedua orang tersebut tewas akibat tertimbun tanah longsor yang melanda Kabupaten Agam pada Senin pagi. Korban yang teridentifikasi tersebut berusia 18 tahun dan 33 tahun, katanya.

Dia menambahkan bahwa di kabupaten lain, yaitu Kabupaten Lima Puluh Kota, juga terjadi banjir dan tanah longsor, mengakibatkan beberapa jalan utama terputus dan puluhan bangunan terendam.

Mahyeldi juga mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar sungai-sungai yang berhulu di Gunung Marapi untuk mewaspadai banjir lahar dingin yang berpotensi terjadi jika intensitas hujan meningkat.

Banner

Mengutip data resmi pemerintah, dia mengatakan bahwa ada 23 sungai yang berhulu di gunung tersebut. Dia mengatakan bahwa jajarannya saat ini sedang mengamati sungai-sungai tersebut dan akan menginformasikan lebih lanjut kepada masyarakat tentang hasilnya.

Indonesia kerap dilanda bencana hidrometeorologi selama musim hujan.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan