Banner

Sekelompok makam keluarga kuno ditemukan di Luxor, Mesir

Foto tak bertanggal ini menunjukkan sejumlah pekerja arkeologi berkumpul di sekitar mumi yang ditemukan di makam keluarga kuno di Luxor, Mesir. (Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)

Makam keluarga kuno yang berasal dari periode menengah kedua Mesir (1677-1550 SM) ditemukan di tepi barat Kota Luxor, di atas lahan seluas 50 meter kali 70 meter yang mencakup 30 lubang makam.

 

Kairo, Mesir (Xinhua) – Sebuah misi arkeologi Mesir menemukan sekelompok makam keluarga yang berasal dari periode menengah kedua Mesir (1677-1550 SM) di tepi barat Kota Luxor, demikian disampaikan Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir dalam sebuah pernyataan pada Rabu (25/1).

Banner

“Makam-makam itu dibangun di atas lahan seluas 50 meter kali 70 meter yang mencakup 30 lubang makam,” menurut pernyataan tersebut.

Sebuah peti mati granit berwarna merah muda dengan bobot 10 ton untuk seorang menteri di masa Raja Sobekhotep II, dari dinasti ke-13 periode menengah kedua, ditemukan di salah satu lubang makam.

Makam keluarga kuno Mesir
Foto tak bertanggal ini menunjukkan sejumlah relik budaya yang ditemukan di makam keluarga kuno di Luxor, Mesir. (Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)

Pahatan-pahatan pemakaman, yang menggambarkan pejabat lain sedang melakukan ritual pengorbanan untuk Raja Sobekhotep II, juga ditemukan di situs tersebut.

Banner

Khaankhre Sobekhotep – sekarang diyakini sebagai Sobekhotep II atau Sobekhotep IV; dikenal sebagai Sobekhotep I dalam studi yang lebih tua – adalah seorang firaun dari Dinasti Ketigabelas Mesir selama Periode Menengah Kedua.

Misi arkeologi ini juga menemukan sebuah bangunan yang terbuat dari batu bata lumpur (mudbrick) yang digunakan untuk ritual pengorbanan. Bangunan itu menampung sekelompok patung yang memiliki simbol-simbol hieroglif, banyak jimat, dan ratusan stempel pemakaman.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan