Banner

Bank Sentral Eropa naikkan suku bunga sebesar 50 basis poin

Foto yang diabadikan pada 7 Juli 2022 ini memperlihatkan kantor pusat Bank Sentral Eropa di Frankfurt, Jerman. (Xinhua/Shan Weiyi)

Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) telah menaikkan suku bunga utamanya sebesar 50 basis poin (bps) dan secara eksplisit berkomitmen untuk menaikkannya lebih lanjut demi meredam inflasi yang melanda zona euro.

 

Frankfurt, Jerman (Xinhua) – Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) pada Kamis (15/12) menaikkan suku bunga utamanya sebesar 50 basis poin (bps) dan secara eksplisit berkomitmen untuk menaikkannya lebih lanjut demi meredam inflasi yang melanda zona euro.

Banner

Suku bunga pada operasi pembiayaan kembali (refinancing) utama, fasilitas pinjaman marjinal dan fasilitas simpanan akan dinaikkan masing-masing menjadi 2,5 persen, 2,75 persen dan 2 persen, berlaku mulai 21 Desember, kata ECB dalam sebuah pernyataan.

Proyeksi inflasi, yang telah direvisi jauh lebih tinggi, menjadi alasan utama di balik langkah ECB tersebut.

Suku bunga harus “naik secara signifikan dengan kecepatan stabil,” kata bank itu.

Banner

Setelah direvisi, staf Eurosystem memperkirakan bahwa inflasi di zona euro akan mencapai 8,4 persen pada 2022, 6,3 persen pada 2023, 3,4 persen pada 2024, dan 2,3 persen pada 2025.

Bank Sentral Eropa
Foto yang diabadikan pada 8 September 2022 ini menunjukkan patung Euro dan patung air mancur di Frankfurt, Jerman. (Xinhua/Shan Weiyi)

Inflasi di zona euro turun menjadi 10 persen pada November. Tekanan harga tetap kuat di seluruh sektor karena biaya energi masih berada pada level tinggi, kata bank tersebut.

Menguatkan keputusannya, ECB mengatakan bahwa menaikkan suku bunga akan mengurangi inflasi dengan meredam permintaan seiring waktu berjalan dan melindungi dari risiko pergeseran ekspektasi inflasi yang terus meningkat.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan