Banner

Kemenlu China: Asia-Pasifik bukan medan tempur untuk persaingan geopolitik

Logo Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) 2022 terpampang di sebuah jalan di Bangkok, Thailand, pada 16 November 2022. (Xinhua/Wang Teng)

Kawasan Asia-Pasifik merupakan jangkar untuk perdamaian dan pembangunan, bukan medan tempur untuk persaingan geopolitik, dan China merupakan mitra kerja sama untuk semua negara, serta tidak menimbulkan tantangan bagi siapa pun.

 

Beijing, China (Xinhua) – Kawasan Asia-Pasifik merupakan jangkar bagi perdamaian dan pembangunan, bukan medan tempur untuk persaingan geopolitik, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China pada Rabu (11/1).

Banner

Menurut sejumlah laporan media, Inggris dan Jepang diperkirakan akan menandatangani kesepakatan pertahanan besar hari ini. Kesepakatan itu memungkinkan pasukan Inggris untuk dikerahkan di Jepang. Ini merupakan bagian dari langkah Jepang untuk menghadapi apa yang mereka sebut sebagai tantangan yang ditimbulkan oleh China.

Kawasan Asia-Pasifik
Foto yang diabadikan pada 3 April 2022 ini menunjukkan sebuah pantai di Suva, Fiji. (Xinhua/Zhang Yongxing)

Sebagai tanggapan, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam jumpa pers hariannya menegaskan bahwa kawasan Asia-Pasifik merupakan jangkar untuk perdamaian dan pembangunan, bukan medan tempur untuk persaingan geopolitik. China merupakan mitra kerja sama untuk semua negara dan tidak menimbulkan tantangan bagi siapa pun.

“Kerja sama pertahanan antara negara-negara terkait harus kondusif demi meningkatkan rasa saling pengertian, kepercayaan, dan kerja sama antarnegara. Seharusnya kerja sama ini tidak menargetkan musuh imajiner, apalagi meniru pola pikir usang konfrontasi blok di kawasan Asia-Pasifik,” kata Wang.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan