800 perusahaan Taiwan pasok teknologi mobil listrik dunia

800 perusahaan Taiwan pasok teknologi mobil listrik dunia
Ilustrasi. Phihong Technology Taiwan bekerja sama dengan Audi Motors Jerman dan menjadi perusahaan pertama di Asia yang membangun stasiun pengisian daya 360 kilowatt dengan cepat, dengan waktu hanya 10 menit untuk menempuh jarak 600 kilometer. (Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Sejumlah perusahaan manufaktur mobil terkenal di dunia telah mengeluarkan versi kendaraan bertenaga listrik mereka sebagai upaya untuk mengefisiensikan bahan bakar sekaligus menjaga lingkungan hidup.

Menurut statistik media, setidaknya ada 800 perusahaan besar dan kecil di Taiwan yang menyediakan berbagai perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi yang dibutuhkan oleh produsen mobil listrik utama dunia.

Di antara 800 perusahaan tersebut, bahkan ada yang sebelumnya sama sekali belum pernah berhubungan dengan industri otomotif.

Calin Technology Taiwan, misalnya, menerapkan teknologi LiDAR, yang digunakan untuk memandu rudal jelajah, pada mobil listrik. Dengan teknologi ini mobil listrik dapat mendeteksi kondisi 200 meter di depannya secara akurat.

Sementara itu, Hiwin Technologies Taiwan telah mengembangkan sistem kemudi presisi digital yang diperlukan untuk mobil listrik, dan kualitasnya bahkan melebihi produk Jerman dan Jepang.

Ada juga Phihong Technology Taiwan yang bekerja sama dengan Audi Motors Jerman dan menjadi perusahaan pertama di Asia yang membangun stasiun pengisian daya 360 kilowatt dengan cepat, denga hanya 10 menit untuk menempuh jarak 600 kilometer.

Masing-masing dari 800 perusahaan Taiwan tersebut memiliki teknologi unik mulai dari perangkat lunak hingga perangkat keras, sehingga pabrik mobil besar di seluruh dunia memilih untuk bekerja sama dengan Taiwan.

Sumber: Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO)

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here