Banner

Thailand kenalkan 5G komersial pertama di ASEAN

Ilustrasi. Thailand akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memperkenalkan layanan komunikasi 5G komersial. (Leon Seibert on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Thailand akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memperkenalkan layanan komunikasi 5G komersial, kata seorang juru bicara pemerintah, menurut laporan Kantor Berita Thailand (TNA).

Wakil juru bicara pemerintah Rachada Dhnadirek mengatakan layanan komersial akan segera dimulai menyusul permintaan para konsumen dengan dukungan penyedia layanan yang memiliki jaringan 4G nasional.

Banner

Menurut dia, pemerintah telah menyetujui hak promosi untuk proyek investasi terkait 5G dan layanan 5G akan dimulai di Koridor Ekonomi Timur untuk memfasilitasi industri masa depan dan menarik investor asing.

Selain itu, layanan 5G juga akan dimulai pertama kali di Bangkok yang lebih besar, Chiang Mai, Nakhon Ratchasima, Khon Kaen, Songkhla, Phuket, dan bandara-bandara utama.

Pemerintah mengharapkan jaringan 5G akan mencakup 98 persen populasi Thailand pada 2027 dan layanan 5G akan diterapkan untuk berkontribusi pada 6,6 persen dari produk domestik bruto.

Banner

Setidaknya 7.000 perusahaan skala kecil dan menengah akan menggunakan komunikasi 5G dan setidaknya 700.000 siswa akan memiliki akses ke layanan 5G.

“Meskipun kami terpengaruh oleh pandemik COVID-19, pemerintah telah meletakkan dasar untuk pembangunan jangka panjang dan penggunaan sumber daya yang menguntungkan. Pemerintah tidak berhenti mengembangkan ekonomi negara dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Thailand,” kata wakil juru bicara pemerintah.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan