WHO apresiasi upaya ASEAN atasi dampak pandemik

WHO apresiasi upaya ASEAN atasi dampak pandemik
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus. (WHO/Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengapresiasi upaya ASEAN dalam mengatasi dampak pandemik COVID-19, yang disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-37 yang digelar secara virtual pada Kamis (12/11).

“Dirjen WHO menghargai respons ASEAN yang dinilai efektif dengan komitmen yang tinggi dan ASEAN terbuka untuk saling belajar,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan tertulis.

Selain itu, Dirjen WHO menyambut baik berbagai inisiatif ASEAN, antara lain ASEAN Comprehensive Recovery Framework dan Regional Reserve of Medical Supplies for Public Health Emergency, imbuh Menlu RI.

Dirjen WHO juga mengapresiasi India, Vietnam, dan Singapura yang telah bergabung dalam ACT Accelerator Facilitation Council, yang bertugas memfasilitasi ACT Accelerator melalui kepemimpinan politik dan advokasi untuk memobilisasi dana.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi, menyampaikan bahwa situasi berat dihadapi oleh Asia Tenggara saat pandemik COVID-19, di mana pariwisata turun 71 persen, perdagangan turun 12 persen, dan Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi langsung asing turun 33 persen.

“Namun, Sekjen (ASEAN) melaporkan juga bahwa ASEAN terus bekerja keras menjaga optimisme dan kerja sama dan mencapai kemajuan. Hasilnya mencapai kemajuan di tiga pilar ASEAN, yakni politik, ekonomi, dan sosial-budaya,” tutur menlu.

Di masa mendatang, prioritas akan diberikan untuk tiga hal, yaitu menjamin pondasi pemulihan secara tepat; mengembalikan produktivitas yang lebih tinggi di kawasan; dan menciptakan komunitas ASEAN yang lebih baik dan lebih terintegrasi.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here