Turki pecahkan rekor dunia menanam lebih 300 ribu pohon dalam sejam

Turki pecahkan rekor dunia menanam lebih 300 ribu pohon dalam sejam
Ilustrasi. (Photo by Kasturi Laxmi Mohit on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Organisasi pencatat rekor dunia, Guinness World Record, mengumumkan bahwa Turki telah membuat rekor dunia dalam menanam anak pohon paling banyak dalam satu jam, demikian dikutip dari Kantor Berita Anadolu di Jakarta, Jumat.

“Saya dengan ini secara resmi menyatakan bahwa rekor dunia untuk menanam pohon muda terbanyak dalam satu jam dipegang oleh Kementerian Pertanian dan Kehutanan (Turki) mulai sekarang dan selanjutnya dengan 303.150 pohon muda,” kata Seyda Subasi Gemici, salah seorang perwakilan Guinness World Record kepada wartawan, Selasa (12/11).

Rekor ini dibuat selama kampanye penanaman pohon besar-besaran di negara itu pada Senin (11/11) guna menghijaukan Turki di masa mendatang.

Di provinsi tengah Corum, sekelompok orang menanam 303.150 pohon muda dalam waktu satu jam, mengalahkan Indonesia yang memegang rekor dunia dengan 232.647 pohon muda.

Menteri Pertanian dan Kehutanan Turki Bekir Pakdemirli mengatakan pihaknya tengah menyiapkan  rekor dunia lain untuk “album foto online terbesar orang menanam pohon muda.”

“Proses pengunggahan foto-foto tersebut masih berlangsung. Saya harap hasilnya juga akan didaftarkan oleh Guinness setelah persyaratan teknis dipenuhi,” kata Pakdemirli.

Kampanye hutan untuk Turki yang lebih hijau dimulai dengan deklarasi 11 November oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Hari Hutan Nasional yang diperingati setiap tahun.

Kampanye ini mendapatkan minat luas dalam waktu yang sangat singkat dan total 13.747.708 anakan disumbangkan dalam kampanye nasional tersebut, melampaui target 11.047.430 batang pohon muda.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here