Transmisi listrik di sepanjang jalur KCJB berjalan sukses

Sejumlah teknisi dari China Railway Electrification Engineering Group Co., Ltd. memeriksa peralatan sebelum proses transmisi listrik di gardu induk Walini jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada 18 Mei 2023. (Xinhua/Jiao Hongtao)

Transmisi listrik KCJB melalui overhead catenary system (OCS)  mengacu pada proses mengubah tegangan tinggi jaringan listrik setempat di sepanjang jalur kereta cepat tersebut menjadi arus bolak-balik (AC) frekuensi daya 27,5 kV fase tunggal melalui gardu traksi kereta, kemudian mentransmisikannya ke OCS di atas jalur kereta cepat untuk menyediakan daya bagi pengoperasian kereta di jalur tersebut.

 

Jakarta (Xinhua) – Transmisi listrik melalui overhead catenary system (OCS) di sepanjang jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berhasil dilakukan pada Kamis (18/5).

Transmisi daya OCS mengacu pada proses mengubah tegangan tinggi jaringan listrik setempat di sepanjang jalur kereta cepat tersebut menjadi arus bolak-balik (AC) frekuensi daya 27,5 kV fase tunggal melalui gardu traksi kereta, kemudian mentransmisikannya ke OCS di atas jalur kereta cepat untuk menyediakan daya bagi pengoperasian kereta di jalur tersebut.

Transmisi daya merupakan pengujian besar bagi OCS di jalur kereta yang dialiri listrik dan langkah krusial terakhir sebelum uji coba dan pengujian terintegrasi.

Sistem catu daya traksi jalur KCJB tersebut dirancang dan dibangun sesuai dengan teknologi dan standar China. Peralatan inti, seperti OCS, gardu induk dan sistem proteksi mikrokomputer daya, serta sistem AC/DC, diproduksi di China.

Transmisi listrik KCJB
Foto yang diabadikan pada 14 April 2023 ini menunjukkan sebuah lokasi pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (Xinhua/Ren Weiyun)
Transmisi listrik KCJB
Sejumlah karyawan bekerja di lokasi pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Bandung, Jawa Barat, pada 1 Mei 2023. KCJB, sebuah proyek penting di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra usulan China, akan menghubungkan ibu kota Indonesia, Jakarta, dan ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung. Dengan kecepatan yang dirancang mencapai 350 kilometer per jam, KCJB akan memangkas waktu perjalanan antara Jakarta-Bandung dari tiga jam lebih menjadi sekitar 40 menit. (Xinhua/Ren Weiyun)

KCJB merupakan salah satu proyek penting di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) yang diusulkan oleh China, yang menghubungkan Jakarta dengan ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Dengan kecepatan yang dirancang mencapai 350 kilometer per jam, jalur kereta ini akan memangkas waktu perjalanan Jakarta-Bandung dari tiga jam lebih menjadi hanya sekitar 40 menit.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan