Banner

Tim riset China tingkatkan teknologi pemuliaan genomik hewan

Beberapa ekor sapi Xianan terlihat di sebuah peternakan sapi Xianan di wilayah Biyang di Zhumadian, Provinsi Henan, China tengah, pada 13 Januari 2021. (Xinhua/Xu Yanan)

Teknologi pemuliaan genomik hewan yang dikembangkan oleh tim riset ilmiah China berbentuk paket perangkat lunak yang disebut ‘HIBLUP’ yang mampu melakukan seleksi genomik dan kalkulasi pencocokan secara mandiri.

 

Wuhan, China (Xinhua) – Sebuah tim riset ilmiah China berhasil mengembangkan teknologi pemuliaan genomik hewan dalam bentuk paket perangkat lunak yang disebut ‘HIBLUP’ setelah melakukan studi selama lima tahun, demikian disampaikan Universitas Pertanian Huazhong pada Selasa (7/3). Perangkat lunak ini membantu meningkatkan kalkulasi mahadata untuk pemuliaan genomik.

Banner

Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nucleic Acids Research.

Dipimpin oleh Zhao Shuhong, seorang profesor di jurusan ilmu pengetahuan dan teknologi hewan di Universitas Pertanian Huazhong, tim tersebut mengatakan bahwa selama analisis, HIBLUP menyelesaikan komputasi tercepat dengan memori terendah di antara perangkat lunak yang diuji. Tim itu juga mengatakan bahwa semakin banyak jumlah individu yang dilakukan genotipe-nya menggunakan HIBLUP, semakin besar manfaat komputasinya.

Menurut Zhao, HIBLUP cocok untuk kalkulasi pemuliaan genomik mahadata, serta dapat melakukan seleksi genomik dan kalkulasi pencocokan secara mandiri.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan