Banner

Presiden Biden setujui pengiriman bantuan senjata terbesar ke Ukraina

Seorang tentara Ukraina menutupi kendaraan lapis baja dengan ranting pohon di Donbass pada 12 April 2022. (Xinhua/Diego Herrera)

Washington, Amerika Serikat akan mengirimkan bantuan senjata ke Ukraina berupa 1.000 rudal Javelin, ratusan sistem antiarmor AT4, 50 kendaraan perawatan medis lapis baja, amunisi antipersonel, bahan peledak, amunisi penghancuran, dan peralatan penghancuran ke Kiev.

 

Banner

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Senin (8/8) mengumumkan bahwa Amerika akan memberikan bantuan senjata tambahan ke Ukraina senilai 1 miliar dolar AS (sekira 14,8 triliun rupiah), paket senjata terbesar yang diberikan dalam satu kali pengiriman sejak awal konflik Rusia-Ukraina.

bantuan senjata amerika ukraina
Sebuah kendaraan militer terlihat di pabrik baja Azovstal di Mariupol, pada 22 Mei 2022. (Xinhua/Victor)

Menurut pernyataan Departemen Pertahanan AS, paket tersebut adalah tahap ke-18 dalam persetujuan bantuan militer oleh presiden sejak Agustus 2021, meliputi amunisi tambahan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (High Mobility Artillery Rocket System/HIMARS), 75.000 butir amunisi artileri kaliber 155 mm, 20 sistem mortir kaliber 120 mm dan 20.000 butir amunisi mortir kaliber 120 mm, serta amunisi untuk National Advanced Surface-to-Air Missile System (NASAMS).

bantuan senjata amerika ukraina
Foto yang diabadikan pada 22 Mei 2022 ini menunjukkan pemandangan sejumlah fasilitas yang hancur di pabrik baja Azovstal di Mariupol. (Xinhua/Victor)

Washington juga akan mengirimkan 1.000 rudal Javelin, ratusan sistem antiarmor AT4, 50 kendaraan perawatan medis lapis baja, amunisi antipersonel, bahan peledak, amunisi penghancuran, dan peralatan penghancuran ke Kiev, papar pernyataan itu.

Banner

Bantuan yang baru saja diumumkan tersebut menambah total komitmen bantuan keamanan AS ke Ukraina menjadi sekitar 9,8 miliar dolar AS (sekitar 145,6 triliun rupiah) sejak Biden menjabat, menurut Pentagon.

*1 dolar AS = Rp14.904

 

Banner

Sumber: Xinhua

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan