Banner

China berikan akses ke stasiun luar angkasanya untuk proyek ilmu antariksa

Gambar tangkapan layar yang diabadikan di Pusat Kendali Kedirgantaraan Beijing pada 20 Juli 2023 ini menunjukkan astronaut Shenzhou-16, Gui Haichao, mengacungkan jempol kepada rekan-rekannya, Jing Haipeng dan Zhu Yangzhu, usai menyelesaikan spacewalk. (Xinhua/Guo Zhongzheng)

Stasiun luar angkasa China memiliki platform eksperimen eksposur, antarmuka muatan (payload) standar, dan titik-titik gantung muatan besar (large payload hanging point) di luar modulnya untuk mendukung penelitian ilmiah, eksperimen teknologi, serta aplikasi di berbagai bidang.

 

Beijing, China (Xinhua) – Sistem aplikasi untuk proyek-proyek ilmu antariksa di stasiun luar angkasa China kini terbuka bagi para ilmuwan dan insinyur, kata Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Banner

CMSA akan mengumpulkan proyek-proyek yang mencakup ilmu antariksa dan penelitian manusia, fisika dalam mikrogravitasi, astronomi luar angkasa, dan ilmu Bumi, serta berbagai teknologi dan aplikasi luar angkasa baru.

Stasiun luar angkasa China 2
Gambar hasil tangkapan layar yang diambil di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 9 Februari 2023 ini menunjukkan taikonaut Shenzhou-15 Fei Junlong (kanan) dan Zhang Lu (kiri) bersiap untuk keluar dari modul laboratorium stasiun luar angkasa Wentian. (Xinhua/Liu Fang)

Menurut CMSA, stasiun luar angkasa China juga merupakan laboratorium luar angkasa nasional. Stasiun tersebut dilengkapi dengan kabinet eksperimen ilmiah, kabinet uji teknologi, dan berbagai sistem pendukung di dalam modul-modulnya.

Stasiun luar angkasa itu juga memiliki platform eksperimen eksposur, antarmuka muatan (payload) standar, dan titik-titik gantung muatan besar (large payload hanging point) di luar modulnya untuk mendukung penelitian ilmiah, eksperimen teknologi, serta aplikasi di berbagai bidang.

Banner

Detail tentang aplikasi tersebut tersedia di situs jejaring www.cmse.gov.cn.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan