Banner

Taikonaut Shenzhou-16 China siap kembali ke Bumi usai rampungkan serah terima kendali di orbit

Foto tangkapan layar di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) yang diabadikan pada 26 Oktober 2023 ini menunjukkan para kru Shenzhou-16 dan Shenzhou-17 berpose untuk foto bersama di dalam stasiun luar angkasa China. (Xinhua/Han Qiyang)

Situs Pendaratan Dongfeng, yang terletak di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, saat ini tengah mempersiapkan kembalinya Shenzhou-16 dari luar angkasa.

 

Jiuquan, China (Xinhua) – Para taikonaut Shenzhou-16 merampungkan serah terima kendali stasiun luar angkasa Tiangong kepada kru Shenzhou-17 yang baru tiba, pada Ahad (29/10), demikian menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Banner

Kedua rombongan kru tersebut mengadakan upacara serah terima setelah para taikonaut Shenzhou-16 menyelesaikan semua tugas yang diberikan. Para kru Shenzhou-16 dijadwalkan kembali ke Bumi pada 31 Oktober dengan menggunakan pesawat luar angkasa Shenzhou-16.

Situs Pendaratan Dongfeng
Para pelajar menghadiri siaran langsung daring (livestream) perkuliahan keempat dari seri ‘Tiangong Class’ di wilayah Ejin, Prefektur Alxa, Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, pada 21 September 2023. Livestream perkuliahan keempat dari stasiun luar angkasa China digelar pada Kamis (21/9) sore waktu setempat, disampaikan oleh para astronaut Shenzhou-16 yaitu Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao kepada para pelajar di Bumi. Lima ruang kelas disiapkan di Bumi, termasuk satu ruang kelas di Universitas Beihang di Beijing. Ini merupakan perkuliahan sains pertama yang disampaikan dari modul laboratorium Mengtian di stasiun luar angkasa Tiangong dan yang keempat dari seri ‘Tiangong Class’. (Xinhua/Ao Qi)

Situs Pendaratan Dongfeng, yang terletak di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, saat ini tengah mempersiapkan kembalinya Shenzhou-16 dari luar angkasa.

Ini akan menjadi misi kelima yang dilakukan situs pendaratan tersebut untuk memulihkan wahana antariksa berawak beserta para krunya.

Banner

Sejumlah personel darat sudah menjalani berbagai latihan pencarian dan penyelamatan untuk misi mendatang itu, menurut pernyataan situs pendaratan tersebut.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan