Banner

Ekonomi industri China catat pertumbuhan stabil pada 2022

Para pekerja tampak sibuk di lini produksi di sebuah pabrik produsen sepeda dan kereta dorong bayi (stroller) di wilayah Pingxiang, Provinsi Hebei, China utara, pada 27 Desember 2022. (Xinhua/Mu Yu)

Sektor industri China membukukan pertumbuhan yang stabil secara keseluruhan pada 2022, dengan output industri nilai tambah China dari perusahaan-perusahaan industri dengan pendapatan bisnis utama tahunan setidaknya 20 juta yuan, naik 3,6 persen secara tahunan (year on year/yoy).

 

Beijing, China (Xinhua) – Sektor industri China membukukan pertumbuhan yang stabil secara keseluruhan pada 2022, demikian menurut konferensi informasi dan industri nasional negara itu yang digelar pada Rabu (11/1).

Banner

Output industri nilai tambah China dari perusahaan-perusahaan industri dengan pendapatan bisnis utama tahunan setidaknya 20 juta yuan, naik 3,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada 2022, menurut estimasi konferensi tersebut.

Output industri manufaktur bernilai tambah naik 3,1 persen (yoy). Porsinya dalam Produk Domestik Bruto (PDB) diperkirakan mencapai 28 persen, naik 0,5 poin persentase dari 2021.

Sektor industri China
Foto dari udara yang diabadikan pada 15 April 2020 ini memperlihatkan sejumlah orang yang bekerja di lokasi pembangunan stasiun pemancar 5G di Chongqing, China barat daya. (Xinhua/Wang Quanchao)

Pada akhir 2022, China memiliki lebih dari 70.000 perusahaan khusus dan canggih yang menghasilkan produk-produk baru serta unik, dan lebih dari 2,3 juta stasiun pemancar atau base transceiver station (BTS) 5G telah dibangun.

Banner

Konferensi tersebut memperkirakan volume bisnis telekomunikasi China meningkat 8 persen (yoy) pada 2022.

*1 yuan = 2.278 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan