Banner

Senjata ritual bermotif harimau berusia ribuan tahun ditemukan di China timur

Gambar kombinasi tak bertanggal ini menunjukkan berkas foto dan sketsa relik batu berbentuk kapak bermotif harimau yang ditemukan di Situs Peninggalan Dinggeng di Kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, China timur. (Xinhua)

Relik kapak bermotif harimau yang digunakan untuk ritual pada zaman China kuno, ditemukan di Kota Wuxi di Provinsi Jiangsu, China timur, diyakini berusia sekitar 4.500 tahun dan berasal dari periode Kebudayaan Liangzhu.

 

Nanjing, China (Xinhua) – Tim arkeolog menemukan relik batu yang sangat langka, yaitu sebuah senjata berbentuk kapak dengan ukiran bermotif harimau yang digunakan untuk ritual pada zaman China kuno, di Kota Wuxi di Provinsi Jiangsu, China timur. Relik itu berusia sekitar 4.500 tahun dan berasal dari periode Kebudayaan Liangzhu.

Banner

Menurut pertemuan konsultasi para ahli yang diadakan pada Sabtu (1/4) di situs arkeologi Situs Peninggalan Dinggeng, sebanyak 16 ahli arkeologi dari dalam dan luar China mengatakan bahwa ini kali pertama mereka melihat relik batu bermotif harimau, yang mereka yakini sebagai simbol kekuasaan.

Relik kapak bermotif harimau
Para ahli mengamati relik batu yang ditemukan di Situs Peninggalan Dinggeng dalam sebuah pertemuan konsultasi di Kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, China timur, pada 1 April 2023. (Xinhua/Zhu Guoliang)

Selain harimau, terdapat juga motif awan dan burung di kedua sisi senjata ritual tersebut. Menurut Liu Baoshan, Kepala Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Wuxi, motif tersebut memiliki garis-garis tunggal yang relatif halus. Dapat disimpulkan bahwa alat ukirnya merupakan alat yang terbuat dari batu keras.

Peninggalan batu tersebut ditemukan di atas altar pengorbanan dengan tanda-tanda kerusakan yang menunjukkan bahwa batu itu telah digunakan.

Banner

Sebanyak 329 perkakas batu, 73 mata panah dari batu dan tulang, serta berbagai tembikar dan peralatan dari batu giok ditemukan di situs peninggalan tersebut, ungkap Liu.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan