Banner

Dubai akan punya 10.000 vila dan ‘townhouse’ baru dalam 2 tahun

Gedung-gedung pencakar langit di Dubai. (Kent Tupas on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Dubai akan memiliki setidaknya 10.000 vila dan townhouse (kompleks perumahan berukuran kecil) baru selama dua tahun ke depan, menurut sebuah perusahaan real estate baru-baru ini.

Peningkatan jumlah tersebut menyusul lonjakan permintaan untuk properti baru di seluruh Uni Emirat Arab (UEA).

Banner

Nilai penjualan transaksi real estate hingga November tahun lalu merupakan angka penjualan tahunan tertinggi sejak 2014, menurut data Departemen Pertanahan Dubai.

Laporan dari pengembang real estate lokal, ZāZEN Properties, menunjukkan bahwa pada tahun 2022 semakin banyak masyarakat yang terus membeli properti di seluruh kota karena tingkat hipotek yang rendah dan peningkatan jumlah pembeli yang mencari tempat tinggal yang lebih besar di komunitas dengan kepadatan rendah.

dubai vila townhouse
Ilustrasi. Townhouse di Amerika Serikat. (Aman Kumar on Unsplash)

Laporan itu juga menyebutkan, harga jual rata-rata telah meningkat 11 persen pada kuartal pertama tahun 2022, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, terutama karena penjualan vila premium. 

Banner

Bangunan apartemen siap pakai dengan ruang lebih besar dan penawaran komunitas yang kuat juga berkinerja baik karena stok vila siap pakai habis.

Sementara tarif sewa meningkat di seluruh UEA, permintaan real estate terus meningkat, kata laporan itu.

Pergeseran besar dalam perilaku pembelian telah terjadi sebagai akibat dari pandemik COVID-19 yang telah meluas hingga kuartal pertama tahun ini, dengan preferensi yang lebih besar ditempatkan pada unit hunian yang sudah selesai, daripada unit yang tidak direncanakan.

Banner

Departemen Pertanahan Dubai mengatakan bahwa 70 persen dari semua transaksi adalah unit yang sudah jadi.

Apartemen saat ini merupakan mayoritas dari total penyelesaian pada kuartal pertama tahun 2022, karena pasokan vila baru terbatas di tengah kurangnya stok dan pipa.

Stok vila di area utama Dubai terbatas dan 2022 hanya akan mengalami kenaikan 3,6 persen dalam pengiriman yang direncanakan di subpasar utama, sehingga menjaga harga tetap lebih tinggi, kata Madhav Dhar, salah satu pendiri dan COO ZāZEN Properties.

Banner

Lebih dari 10.000 townhouse dan vila baru telah diluncurkan pada Mei 2022 oleh pengembang besar, tetapi serah terima untuk pengembangan ini diperkirakan tidak akan terjadi hingga antara akhir 2024 dan 2025.

Dari vila-vila yang dikembangkan, 30 persennya berada di komunitas mewah yang memiliki lapangan golf, seperti Dubai South, Dubai Hills, dan Arabian Ranches.

“Menurut Pusat Statistik Dubai, populasi di Dubai hanya lebih dari 3,5 juta orang pada April 2022, dengan target 5,8 juta orang pada tahun 2040, dan kota ini siap untuk itu,” katanya. “Apakah itu apartemen atau vila, kota ini ramai dengan perkembangan baru yang konstan dan siap untuk populasi yang terus bertambah,” sebut Departemen Pertanahan Dubai.

Banner

“Sejumlah besar bangunan apartemen, vila, dan townhouse baru sedang dikembangkan sepanjang tahun dan di tahun-tahun mendatang, dan semuanya selaras dengan Rencana Induk Perkotaan 2040 Syeikh Mohammad bin Rasyid, dengan tujuan mengubah emirat, dan membuatnya lebih berkelanjutan dan saling berhubungan untuk cara hidup yang lebih aman dan efisien secara menyeluruh bagi semua orang.”

“Berkat kepemimpinan Dubai, kota ini telah menjadi tujuan global sejati, pusat bisnis, dan basis rumah yang aman.”

Sumber: Al Arabiya

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan