Presiden Jokowi ajak Jepang berpartisipasi dalam ‘Sovereign Wealth Fund Indonesia’

Presiden Jokowi ajak Jepang berpartisipasi dalam ‘Sovereign Wealth Fund Indonesia’
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (kiri) dan Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) pada pernyataan pers bersama di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020). (Sekretariat Kabinet RI)

Bogor, Jawa Barat (Indonesia Window) – Dalam pertemuan bilateral antara delegasi Pemerintah Indonesia dan mitranya dari Jepang, Presiden Joko Widodo mengajak Pemerintah Jepang untuk berpartisipasi dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

“Saya tadi mendorong Jepang untuk ikut berpartisipasi dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia,” ujar kepala negara pada pernyataan pers bersama dengan PM Yoshihide Suga usai pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat pada Selasa sore.

LPI yang secara khusus diatur dalam Bab Investasi Pemerintah Pusat dan Kemudahan Proyek Strategis Nasional di bawah Undang-Undang Cipta Kerja, diharapkan dapat mengundang investasi dari negara-negara sahabat, lembaga internasional, dan korporasi.

Presiden menyampaikan bahwa Jepang adalah salah satu mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

“Saya menyambut baik relokasi dan perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang ke Indonesia, seperti perusahaan Denso, Sagami, Panasonic, Mitsubishi Chemical, dan Toyota,” ujarnya.

Dalam pertemuan bilateral, presiden juga meminta perhatian Jepang terkait kendala izin impor untuk produk pertanian,  kehutanan, dan perikanan dari Indonesia.

Kunjungan PM Yoshihide Suga ke Indonesia merupakan rangkaian kunjungan pertamanya setelah dilantik pada September lalu, menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

PM Jepang akan berada di Indonesia hingga Rabu (21/10).

Kunjungan PM Jepang merupakan kunjungan pertama seorang kepala pemerintahan ke Indonesia di masa pandemik COVID-19.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here