Pesawat tempur Indonesia patroli di perbatasan Timor Leste dan Australia

Pesawat tempur Indonesia patroli di perbatasan Timor Leste dan Australia
Ilustrasi. Angkatan Udara Indonesia mengerahkan dua jet tempur F-16 untuk operasi di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia. (Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Angkatan Udara Indonesia mengerahkan dua jet tempur F-16 untuk operasi di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia, kata pejabat Angkatan Udara.

Kedua pesawat tempur F-16 telah melakukan operasi patroli di daerah perbatasan sejak Senin (14 September), kata Kolonel Bambang Juniar Jupiter, Komandan Pangkalan Udara El Tari di ibu kota provinsi, Kupang, kepada wartawan, Selasa (15/9).

Operasi patroli tersebut dijadwalkan berlangsung hingga Kamis (17/9), kata Kol. Jupiter, menambahkan bahwa dua pesawat tempur F-16 itu bermarkas di Skuadron 3 Pangkalan Udara Iswahyudi di Madiun, Jawa Timur.

Dia menjelaskan, kedua pesawat tempur tersebut dikerahkan untuk mendeteksi kemungkinan pelanggaran di wilayah udara Indonesia oleh pesawat asing, termasuk kegiatan ilegal yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di wilayah perairan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan kedua negara itu.

Selama operasi pada Senin dan Selasa, tidak ditemukan pelanggaran atau kegiatan ilegal di wilayah Indonesia, kata Kol. Jupiter.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here