Perusahaan swasta Rusia membuat kluster orbital untuk 510 satelit

Perusahaan swasta Rusia membuat kluster orbital untuk 510 satelit
Ilustrasi. Kluster orbital untuk akses Internet global buatan perusahaan Rusia akan terdiri atas 510 satelit untuk menyediakan akses tak terbatas ke World Wide Web di titik mana pun di Bumi dan dalam cuaca apa pun dengan ketersediaan terminal pelanggan, menurut perusahaan. (NASA on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Perusahaan luar angkasa swasta Rusia yang baru berdiri, Success Rockets, berencana untuk membuat tiga konstelasi satelit, salah satunya terdiri atas lebih dari 500 satelit, menurut presentasi perusahaan itu yang diperoleh oleh Kantor Berita TASS pada awal pekan ini.

Dua dari tiga kluster masing-masing akan terdiri atas 24 satelit (jumlah satelit yang sama beroperasi di pengelompokan navigasi orbital Glonass Rusia).

Salah satu kluster akan menyediakan Internet global, memantau keadaan infrastruktur dan komponen khususnya, melacak objek seluler (kapal, konvoi otomatis, dan kereta api) dan melayani tujuan lainnya.

Kluster lainnya akan ditetapkan untuk penginderaan jauh Bumi, kata perusahan itu.

Kluster orbital untuk akses Internet global akan terdiri atas 510 satelit untuk menyediakan akses tak terbatas ke World Wide Web di titik mana pun di Bumi dan dalam cuaca apa pun dengan ketersediaan terminal pelanggan, menurut perusahaan.

Kluster satelit baru akan memungkinkan mendapatkan gambar medan perang guna menyiapkan serangan terhadap musuh potensial dengan tepat, menilai aktivitas bandara, stasiun terminal, dan perusahaan logistik.

Satelit juga akan memberikan kemungkinan untuk meramalkan situasi lingkungan, mendapatkan informasi tentang polusi untuk mengendalikan aktivitas perusahaan dan melacak kebakaran hutan, longsoran salju, letusan gunung berapi dan banjir secara real time (saat itu juga) dan memantau lapisan ozon bumi, kata perusahaan.

Selain itu, satelit akan berinteraksi dengan berbagai sistem kota cerdas (smart city) serta membantu dalam perencanaan kota dan pemantauan konstruksi.

Satelit juga akan berguna dalam pertanian, misalnya, untuk membantu mengidentifikasi batas-batas ladang dan kebun, serta nilai tanaman di lading.

Success Rockets terdaftar pada Juli 2020. Pendiri dan pemiliknya adalah Oleg Mansurov.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here