Perusahaan China di Bangladesh tawarkan 550.000 peluang kerja

Sejumlah karyawan bekerja di pabrik baru milik Transsion Holdings di Zona Ekonomi Industri Meghna, Narayanganj, Bangladesh, pada 24 Mei 2023. (Xinhua)

Perusahaan-perusahaan China di Bangladesh sejauh ini telah menyediakan sekitar 550.000 peluang kerja di negara Asia Selatan tersebut, yang menggenjot penyerapan tenaga kerja di kalangan warga lokal secara signifikan.

 

Dhaka, Bangladesh (Xinhua) – Perusahaan-perusahaan China di Bangladesh sejauh ini telah menyediakan sekitar 550.000 peluang kerja di negara Asia Selatan tersebut, yang menggenjot penyerapan tenaga kerja di kalangan warga lokal secara signifikan, tunjuk sebuah laporan yang dirilis oleh Kedutaan Besar China di Bangladesh.

Laporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan-Perusahaan China di Bangladesh, yang diterbitkan di Dhaka pada Ahad (2/7), menunjukkan bahwa terdapat 27 proyek China di bidang pembangkit listrik dan energi, memastikan bauran energi Bangladesh didiversifikasi. Selain itu, terdapat juga 12 proyek jalan raya, 21 jembatan, dan tujuh jalur kereta yang dibangun oleh sejumlah perseroan China di Bangladesh.

Perusahaan-perusahaan dari negeri tirai bambu itu juga turut berpartisipasi dalam berbagai proyek seperti pengolahan limbah, pengelolaan sungai, pengolahan air permukaan, dan pembangunan kampus, yang secara signifikan membantu meningkatkan pembangunan sosial dan mata pencaharian masyarakat, ungkap laporan bertajuk “Kemitraan China-Bangladesh, Membangun Komunitas yang Lebih Kuat Bersama” (China-Bangladesh Partnership, Building Stronger Communities Together).

Lebih dari 100 tamu, termasuk Duta Besar China untuk Bangladesh Yao Wen dan Menteri Perdagangan Bangladesh Tipu Munshi turut menghadiri upacara peluncuran laporan itu pada Ahad.

Munshi memuji peran penting perusahaan-perusahaan China dalam pembangunan Bangladesh dan dukungan China terhadap pembangunan infrastruktur Bangladesh, terutama pada penyediaan banyak lapangan kerja.

Dalam pidatonya, Yao menuturkan bahwa terinspirasi oleh Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra, perusahaan-perusahaan China di Bangladesh mengimplementasikan Inisiatif Pembangunan Global (Global Development Initiative) serta membagikan pengalaman dan pencapaian mereka kepada mita-mitra mereka di Bangladesh untuk membantu negara itu memanfaatkan potensi pembangunannya.

Perusahaan China di Bangladesh
Orang-orang mengunjungi (Pameran) Digital Bangladesh Mela di Dhaka, Bangladesh, pada 28 Januari 2023. (Xinhua)

Dalam upacara itu, sejumlah perwakilan perusahaan Bangladesh memuji tanggung jawab sosial dari korporat-korporat China di Bangladesh dan berterima kasih kepada perusahaan-perusahaan China atas kontribusi mereka bagi pembangunan ekonomi lokal dan peningkatan taraf hidup masyarakat setempat.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan