Banner

Dua bangunan istana berusia 2.000 tahun ditemukan di China barat laut

Foto dokumentasi tak bertanggal ini menunjukkan kompleks kota kuno No.3 di situs Yueyang di Xi’an, Provinsi Shaanxi, China barat laut. (Xinhua)

Bangunan istana kuno China yang berusia lebih dari 2.000 tahun di Provinsi Shaanxi merupakan bagian dari Yueyang, ibu kota Negara Qin pada Periode Negara-Negara Berperang (475 SM-221 SM).

 

Xi’an, China (Xinhua) – Sebuah tim arkeolog mengatakan telah menemukan fondasi dari dua bangunan istana yang diperkirakan berusia lebih dari 2.000 tahun di Provinsi Shaanxi, China barat laut.

Banner

Kedua bangunan istana kuno China tersebut merupakan bagian dari Yueyang, ibu kota Negara Qin pada Periode Negara-Negara Berperang (475 SM-221 SM). Lokasi keduanya berada di Distrik Yanliang, Kota Xi’an, ibu kota Provinsi Shaanxi. Negara Qin kemudian menyatukan China untuk pertama kalinya dan memulai Dinasti Qin.

Para arkeolog menemukan kompleks kota kuno No.1 di situs Yueyang pada 1980-an, kemudian kompleks No.2 dan No.3 setelah 2012. Kedua bangunan istana tersebut termasuk dalam kompleks No.3.

Menurut Liu Rui, seorang peneliti dari Institut Arkeologi di Akademi Ilmu Sosial China, kedua bangunan tersebut berbentuk persegi panjang dan menghadap ke selatan.

Banner

Beberapa ubin atap yang berbentuk semilingkaran pun berhasil digali, yang memberikan bukti untuk diskusi tentang penggunaan ubin atap kuno. Para arkeolog juga menemukan reruntuhan kakus di salah satu situs, yang terdiri dari tempat duduk jamban dan sistem pembuangan kotoran.

Penggalian tersebut untuk pertama kalinya memberikan gambaran menyeluruh tentang tata letak bangunan-bangunan istana penting di dalam area sentral ibu kota tersebut pada masa pertengahan Periode Negara-Negara Berperang hingga awal era Dinasti Han Barat (202 SM-25 M). Sebuah poros tengah yang melintasi kompleks No.3 juga ditemukan, yang diyakini dapat membantu para arkeolog mempelajari berbagai ibu kota kuno.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan