Pertemuan Tingkat Menteri APEC 2023 dimulai dengan fokus pada ketahanan dan keberlanjutan

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken (ketiga dari kiri, depan) dan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai (ketiga dari kanan, depan) menghadiri sesi pleno pembukaan Pertemuan Tingkat Menteri APEC di San Francisco, Amerika Serikat, pada 14 November 2023. (Xinhua/Departemen Luar Negeri AS/Justin Tafoya)

Pertemuan Tingkat Menteri APEC 2023 dengan berfokus pada penciptaan masa depan yang tangguh dan berkelanjutan.

 

San Francisco, AS (Xinhua) – Pertemuan Tingkat Menteri Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) 2023 dimulai pada Selasa (14/11) dengan berfokus pada penciptaan masa depan yang tangguh dan berkelanjutan.

Keterhubungan, inovasi, memperkuat inklusivitas, dan menggali potensi masyarakat yang masih belum tersentuh merupakan tiga prioritas di masa depan, menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, yang turut menjadi pembicara dalam sesi pleno pembukaan tersebut bersama Perwakilan Dagang AS Katherine Tai.

Pertemuan Tingkat Menteri APEC
Foto yang diabadikan pada 11 November 2023 ini menunjukkan Jembatan Golden Gate saat matahari terbenam di San Francisco, Amerika Serikat. (Xinhua/Li Rui)

Blinken mencatat terdapat banyak tantangan ekonomi meski adanya kemajuan menuju masa depan yang lebih sejahtera selama tiga dekade terakhir.

Sementara itu, Tai menyoroti ancaman rantai pasokan yang rapuh, meningkatnya ketidaksetaraan dan kerawanan ekonomi, krisis iklim yang semakin parah, dan meningkatnya ketegangan geopolitik.

Pertemuan Tingkat Menteri APEC
Seorang jurnalis berjalan melintasi sebuah poster di Pusat Media Internasional Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) 2023 di San Francisco, Amerika Serikat, pada 14 November 2023. Sebagai tuan rumah Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC), San Francisco secara nyata menunjukkan niatnya dalam memanfaatkan peluang untuk menghidupkan kembali ekonomi pariwisatanya dengan mengajak para tamu pertemuan APEC untuk menikmati kembali kekayaan aset-aset pariwisatanya. (Xinhua/Li Rui)

Pertemuan tingkat menteri yang berlangsung selama dua hari itu akan dilanjutkan dengan Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC yang dijadwalkan berlangsung pada 15-17 November.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan