Banner

Jakarta (Indonesia Window) – Total perjalanan kereta barang China-Eropa tercatat telah menembus angka 50.000 kali setelah sebuah kereta barang diberangkatkan dari Kota Chengdu, China barat daya, pada Sabtu (29/1) menuju Nuremberg, Jerman, kata China State Railway Group Co., Ltd.

Nilai barang yang diangkut menggunakan layanan kargo melonjak dari 8 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.385) pada 2016 menjadi 74,9 miliar dolar AS pada 2021, naik lebih dari sembilan kali lipat, lanjut perusahaan itu.

Banner

Dalam kurun enam tahun, jumlah layanan kereta mencatatkan pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 55 persen setelah semua rute kereta digabungkan ke dalam merek ‘layanan kereta barang China-Eropa’ dan diberi warna biru pada Juni 2016.

Dengan 78 rute yang direncanakan, layanan kereta barang tersebut kini menjangkau 180 kota di 23 negara Eropa, mengangkut lebih dari 50.000 jenis barang, termasuk produk IT, mobil dan suku cadang mobil, bahan kimia, serta produk mesin dan elektronik, urai perusahaan tersebut.

Layanan kereta barang China-Eropa ini mulai dioperasikan pada 2011 dan sejak itu berperan sebagai penghubung penting bagi kerja sama perdagangan dan ekonomi di seluruh kawasan Eurasia.

Banner

Sumber: Xinhua

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan