Banner

PM Slovakia kritis usai tertembak

Perdana Menteri Slovakia Robert Fico menghadiri konferensi pers gabungan bersama Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban (tidak terlihat pada gambar) di Budapest, Hongaria, pada 16 Januari 2024. (Xinhua/Attila Volgyi)

Perdana Menteri Slovakia Robert Fico berada dalam kondisi yang mengancam nyawa usai tertembak di Handlova di wilayah Trencin, Slovakia.

 

Bratislava, Slovekia (Xinhua) – Perdana Menteri (PM) Slovakia Robert Fico berada dalam kondisi yang mengancam nyawa usai tertembak di Handlova di wilayah Trencin, Slovakia, menurut sebuah unggahan dari akun media sosialnya pada Rabu (15/5).

Banner

Fico dilarikan dengan helikopter ke rumah sakit di Banska Bystrica, mengingat penerbangan ke ibu kota negara itu akan memakan waktu lebih lama.

Dilaporkan bahwa tersangka, yang berhasil diamankan di tempat kejadian, merupakan seorang pria berusia 71 tahun.

Kantor berita Slovakia TASR mengutip wakil ketua parlemen Lubos Blaha yang mengatakan bahwa insiden itu terjadi saat sidang parlemen. Pertemuan tersebut ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Banner

Insiden itu terjadi di Kota Handlova, sekitar 150 km di sebelah timur laut Bratislava, ungkap stasiun televisi berita TA3. Pihak kepolisian telah menutup area di depan Rumah Budaya (Culture House) di Handlova.

Perdana Menteri Slovakia
Seorang pria ditahan di lokasi PM Slovakia Robert Fico ditembak dan terluka di Handlova, Slovakia, pada 15 Mei 2024. (Xinhua/Kantor Berita Republik Slovakia)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres pada Rabu (15/5) mengecam upaya pembunuhan terhadap PM Slovakia Robert Fico.

“Sekretaris jenderal mengecam keras serangan mengejutkan yang dilakukan pada hari ini (Rabu) terhadap Perdana Menteri Slovakia Robert Fico,” ungkap Farhan Haq, wakil juru bicara Guterres.

Banner

“Sekretaris jenderal turut berduka cita atas peristiwa yang menimpa perdana menteri (Slovakia) dan orang-orang yang dicintainya pada momen yang sulit ini,” ujarnya.

Laporan: Redaksi 

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan