Banner

Perahu migran terbalik di lepas pantai Malta, 5 tewas dan 8 luka-luka

Tim penyelamat membawa jenazah seorang migran di Pieta, Malta, pada 23 Februari 2024. (Xinhua/Jonathan Borg)

Perahu migran terbalik di dekat pantai Malta saat operasi penyelamatan pada 23 Februari 2024, menewaskan sedikitnya lima orang.

 

Valletta, Malta (Xinhua) – Lima orang dipastikan tewas dan delapan lainnya luka-luka setelah sebuah perahu migran terbalik di dekat pantai Malta saat operasi penyelamatan, kata Angkatan Bersenjata Malta (Armed Forces of Malta/AFM) pada Jumat (23/2).

Banner

Perahu tersebut, dengan panjang sekitar 7,6 meter dan ditenagai oleh dua motor, membawa 34 orang asal Suriah, Eritrea, Ghana, dan Mesir yang sedang menyeberangi Laut Mediterania, kata Wakil Komandan AFM Kolonel Edric Zahra dalam keterangan pers.

Perahu migran terbalik di
Seorang migran yang berhasil diselamatkan turun dari kapal di Pieta, Malta, pada 23 Februari 2024. (Xinhua/Jonathan Borg)

Dia mengatakan AFM diinformasikan perihal perahu itu sekitar pukul 10.45 (16.45 WIB) ketika perahu tersebut berada sekitar 5 mil laut (9,2 km) di lepas pantai selatan Malta. Sebuah pesawat AFM dikerahkan ke lokasi ketika perahu telah mencapai sekitar 3,5 mil laut (6,5 km).

Sebuah kapal AFM dikirim ke lokasi, tetapi perahu tersebut terbalik selama operasi penyelamatan, yang mengakibatkan seluruh penumpangnya jatuh ke laut. Setelah itu, 21 laki-laki berhasil diselamatkan dan dibawa ke sebuah pusat penahanan, delapan laki-laki dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, dan empat jenazah laki-laki serta satu jenazah perempuan dievakuasi dari laut.

Banner

Saat ditanya tentang penyebab terbaliknya perahu, Zahra mengatakan perahu migran tersebut berukuran kecil dan gerakan apa pun dapat mengganggu stabilitas perahu. Dia mengatakan AFM masih melakukan pencarian korban selamat di area laut tersebut. Investigasi juga sedang dilakukan.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan