Banner

Paspor Afghanistan terlemah di dunia untuk tahun 2023

Foto yang diabadikan pada 2 Juli 2021 ini menunjukkan Lapangan Terbang Bagram setelah seluruh pasukan Amerika Serikat dan NATO dievakuasi di Provinsi Parwan, Afghanistan timur. (Xinhua/Sayed Mominzadah)

Paspor terlemah di dunia untuk tahun 2023 adalah Afghanistan, menempati posisi terbawah di urutan ke-109, dengan hanya 27 destinasi bebas visa bagi pemegang paspor negara ini.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Paspor terlemah di dunia untuk tahun 2023 adalah Afghanistan, menurut daftar kekuatan paspor yang baru dikeluarkan oleh Henley Passport Index.

Banner

Afganistan menempati posisi terbawah di urutan ke-109, dengan hanya 27 destinasi bebas visa bagi pemegang paspor Afganistan.

Irak dan Suriah mengikuti di belakang Afghanistan, dengan masing-masing 29 dan 30 tujuan bebas visa. Menyusul setelahnya adalah Pakistan dan Yaman, yang juga menduduki peringkat rendah dalam daftar, dengan 32 dan 34 tujuan bebas visa.

Afghanistan, Irak, Suriah, Pakistan, dan Yaman mempertahankan posisi mereka sebagai paspor paling lemah di dunia sejak tahun 2020, menurut Henley Passport Index.

Banner

Indeks Paspor Henley dianggap sebagai alat referensi standar untuk warga dunia dan negara berdaulat saat menilai peringkat paspor dalam spektrum mobilitas global. Indeks tersebut merilis daftar kekuatan paspor baru setiap kuartal dengan mempertimbangkan data eksklusif dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (The International Air Transport Association/IATA) tentang akses 199 paspor ke 227 tujuan perjalanan.

Di sisi lain, Jepang mempertahankan posisinya sebagai paspor terkuat di dunia, disusul Singapura dan Korea Selatan di posisi kedua. Jerman dan Spanyol berada di posisi ketiga, sementara Finlandia, Italia, Luksemburg, dan Austria berada di posisi keempat, berdasarkan jumlah tujuan bebas visa yang dapat dikunjungi oleh pemegang paspor.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan