10 paspor paling kuat di dunia

Ilustrasi. (Joshua Woroniecki from Pixabay)

Paspor terkuat di dunia menurut Arton Capital adalah Uni Emirat Arab (UEA) – yang pemegangnya dapat masuk ke 180 negara tanpa memerlukan visa – disusul sejumlah negara Eropa.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Paspor adalah dokumen perjalanan penting yang memungkinkan individu untuk bepergian ke luar negeri dan masuk ke negara asing. Namun jika menyangkut kekuasaan dan hak istimewa, tidak semua paspor dibuat sama.

Beberapa paspor memberi pemegangnya akses lebih besar ke tujuan internasional dan hak istimewa lainnya saat bepergian.

Berdasarkan penelitian terbaru oleh Arton Capital, berikut adalah 10 paspor terkuat di dunia.

  1. Uni Emirat Arab (UEA)

Pemegang paspor UEA dapat melakukan perjalanan ke 180 negara tanpa memerlukan visa, menjadikannya paspor terkuat di dunia tahun ini.

Terletak di kawasan Teluk di Timur Tengah, UEA merupakan pusat utama perdagangan dan pariwisata internasional, dengan populasi beragam dan ekonomi kuat yang didorong oleh cadangan minyak dan gas alamnya, serta faktor lain seperti keuangan, konstruksi, dan adopsi teknologi.

Kedudukan ekonomi UEA yang kuat secara global ditambah dengan tingkat hubungan internasionalnya yang luas telah berkontribusi menjadikannya paspor terkuat di dunia.

Paspor terkuat di dunia
Burj Khalifa di Dubai. (Jan Vašek from Pixabay)

Negara-negara berikut ini dapat melakukan perjalanan ke 173 negara bebas visa atau dengan visa on arrival:

  1. Jerman

Terletak di Eropa tengah, Jerman terkenal dengan warisan budayanya yang kaya, bentang alam yang beragam, dan ekonomi yang kuat dan telah diperingkatkan sebagai salah satu paspor terkuat di dunia dari tahun ke tahun.

Paspor terkuat di dunia
Foto yang diabadikan pada 7 Oktober 2022 ini menunjukkan gedung fakultas hukum Universitas Humboldt di Berlin bermandikan cahaya dalam Festival Cahaya 2022 di Berlin, Jerman. Berlin pada Jumat (7/10) berubah menjadi kota seni pencahayaan saat pembukaan Festival Cahaya 2022, yang akan berlangsung hingga 16 Oktober. (Xinhua/Stefan Zeitz)
  1. Swedia

Sebagai negara anggota Uni Eropa yang terletak di bagian utara benua Eropa, Swedia terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, standar hidup yang tinggi, dan kebijakan sosial yang progresif.

Paspor Swedia dianggap sebagai salah satu paspor terkuat di dunia dalam hal kebebasan bepergian.

Paspor terkuat di dunia
Foto yang diabadikan pada 8 Oktober 2022 ini menunjukkan pemandangan musim gugur di Stockholm, Swedia. (Xinhua/Ren Pengfei)
  1. Finlandia

Selain itu di Eropa Utara, Finlandia merupakan negara yang berbatasan dengan Laut Baltik, Rusia dan Swedia. Dikenal dengan standar hidup yang tinggi, sistem kesejahteraan sosial yang hebat, sejarah panjang inovasi dan kesetaraan gender, Finlandia adalah salah satu negara paling progresif di benua ini.

Finlandia memiliki hubungan diplomatik yang kuat dengan banyak negara di seluruh dunia, yang memungkinkan warganya bepergian dengan bebas.

Seorang konsumen mengunjungi sebuah stan di Pasar Haring Baltik Helsinki di Helsinki, Finlandia, pada 7 Oktober 2022. Pertama kali diadakan di Helsinki pada 1743, Pasar Haring Baltik Helsinki merupakan salah satu acara publik tertua di Finlandia. (Xinhua/Matti Matikainen)
  1. Luksemburg

Dikenal karena sektor keuangannya yang berkembang pesat, stabilitas politik, dan populasi multikulturalnya, paspor Luksemburg juga merupakan salah satu yang terkuat di dunia.

  1. Spanyol

Favorit di antara turis di seluruh dunia, Spanyol terkenal dengan sejarahnya yang kaya, budayanya yang unik, makanannya yang lezat, dan pantainya yang indah.

Pemegang paspor Spanyol dapat melakukan perjalanan ke ratusan negara tanpa visa atau memperoleh visa pada saat kedatangan (visa on arrival).

Orang-orang berpartisipasi dalam tradisi adu lari bersama banteng saat Festival San Fermin di Pamplona, Spanyol, pada 11 Juli 2022. Festival ini dimulai pada 6 Juli dan akan berlangsung hingga 14 Juli. (Xinhua/Gustavo Valiente)
  1. Prancis

Terletak di Eropa Barat, Prancis dikenal dengan banyak landmark ikonik dan peran global utama dalam politik, ekonomi, dan budaya, sehingga memberikannya tingkat pengaruh tertentu di panggung internasional.

Menara Eiffel yang bercahaya terlihat di Paris, Prancis, pada 22 September 2022. (Xinhua/Gao Jing)
  1. Italia

Negara Eropa selatan ini juga terkenal dengan landmark ikonisnya seperti Colosseum dan Menara Miring Pisa. Dengan masakan yang kaya, identitas budaya yang unik, dan sejarah artis terkenal, Italia menjadi favorit turis, dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia.

Orang-orang berkumpul di sekitar Duomo di Siena di Siena, Italia, pada 15 Agustus 2022. Siena terkenal dengan pemandangan kota abad pertengahannya dan pacuan kuda Palio. Pusat bersejarah Siena resmi dicantumkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada 1995. (Xinhua/Jin Mamengni)
  1. Belanda

Belanda, juga dikenal sebagai Holland, adalah negara kecil yang terletak di Eropa Barat yang terkenal dengan lanskap yang datar, ladang tulip yang luas, kincir angin, dan kanal.

Negara ini memiliki sejarah panjang perdagangan internasional yang telah memberikan kontribusi ekonomi yang kuat dan standar hidup yang tinggi.

Sebagai hasil dari kebijakan ekonomi dan liberal yang kuat, Belanda memiliki paspor yang sangat dihormati, yang memungkinkan warganya bepergian dengan bebas ke banyak negara di dunia.

Orang-orang berpartisipasi dalam Canal Race ke-35 yang digelar di Amsterdam, Belanda, pada 8 Oktober 2022. Canal Race Amsterdam ke-35, perlombaan sekoci tahunan dengan jarak tempuh hampir 23 kilometer di sepanjang kanal Amsterdam, ibu kota Belanda, digelar di Amsterdam pada Sabtu (8/10). (Xinhua/Sylvia Lederer)
  1. Austria

Austria adalah negara yang terletak di Eropa Tengah, yang terkenal dengan pegunungannya yang menakjubkan, termasuk Pegunungan Alpen, yang menawarkan berbagai olahraga musim dingin dan jalur pendakian yang indah.

Negara ini juga kaya akan sejarah dalam tradisi musik klasik, rumah bagi komponis terkenal seperti Mozart dan Strauss.

Austria juga memiliki ekonomi yang kuat dan merupakan negara anggota UE, yang telah berkontribusi pada kekuatan paspornya.

Paspor terkuat di dunia
Orang-orang bermain olahraga air dan berlayar di Danau Old Danube di Wina, Austria, pada 27 Juni 2022.(Xinhua/Georges Schneider)

Indeks Arton Capital memeringkat paspor berdasarkan jumlah negara yang dapat dimasuki oleh pemegangnya tanpa visa atau dengan visa pada saat kedatangan.

Namun perlu diperhatikan bahwa persepsi kekuatan sebuah paspor juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti kekuatan ekonomi suatu negara dan tingkat hubungan internasionalnya.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan