Banner

Italia negara tamu kehormatan CICPE, bidik lebih banyak kerja sama perdagangan

Sebuah supercar Italia dipamerkan dalam Pameran Produk Konsumen Internasional China (China International Consumer Products Expo/CICPE) ketiga di Haikou, ibu kota Provinsi Hainan, China selatan, pada 11 April 2023. (Xinhua/Pu Xiaoxu)

Pameran Produk Konsumen Internasional China 2023 (China International Consumer Products Expo/CICPE) yang berlangsung di Haikou menghadirkan lebih dari 3.300 merek, dan lebih dari 1.000 produk akan diluncurkan untuk kali pertama di acara itu. 

 

Haikou, China (Xinhua) – Italia pada Selasa (11/4) meluncurkan paviliun yang memesona dalam Pameran Produk Konsumen Internasional China (China International Consumer Products Expo/CICPE) ketiga yang sedang berlangsung. Negeri Piza itu mengincar lebih banyak kerja sama perdagangan China-Italia.

Banner

Sebagai negara tamu kehormatan di CICPE 2023, yang saat ini diselenggarakan di pulau resor Hainan, Italia mendirikan paviliun di area seluas sekitar 1.800 meter persegi dan memamerkan 147 merek dalam pameran tersebut, yang keduanya lebih dari dua kali lipat dibandingkan edisi tahun lalu.

Maria Tripodi, undersecretary of state Italia untuk Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, mengatakan bahwa pameran tersebut menandai fase baru dalam keterbukaan dengan komunikasi internasional dan dirinya mengharapkan para peserta Italia dapat menuai pujian dan pengakuan dari pasar China.

Dengan pengaruh yang meningkat, CICPE menyediakan platform baru bagi barang dan jasa global untuk memasuki pasar China, serta saluran bagi produk konsumen China ke dunia, tutur Menteri Perdagangan China Wang Wentao dalam upacara pembukaan CICPE ketiga.

Banner

Dalam upacara pembukaan tersebut, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni menekankan konsensus bilateral guna meningkatkan hubungan perdagangan China-Italia dan mendorong pemulihan perekonomian global melalui upaya bersama.

Ini juga menjadi alasan bagi Altagamma, organisasi merek-merek mewah Italia, untuk ikut serta dalam CICPE tahun ini. Altagamma membawa 75 anggotanya berpartisipasi dalam pameran tersebut, termasuk pabrikan mobil Maserati dan Lamborghini, serta raksasa kopi Illycaffe.

“Karena tahun ini Italia merupakan negara tamu kehormatan, harapan kami adalah memiliki kesempatan untuk memamerkan keindahan produk-produk kami dan membuat semua orang mengerti dari mana kami berasal,” catat Stefania Lazzaroni, general manager Altagamma.

Banner

“Ini adalah kesempatan yang sangat istimewa di pameran Hainan ini untuk memperkuat pesan ini, dan untuk menjalin hubungan baru,” imbuh Lazzaroni.

Pernyataan Lazzaroni diamini oleh Paolo Bazzoni, ketua Kamar Dagang China-Italia.

Bazzoni mengatakan bahwa China sangat penting bagi perusahaan Italia, dan berpartisipasi dalam pameran tersebut membuka lebih banyak peluang bagi merek Italia untuk memasuki China serta memulai lebih banyak bisnis di pasar China yang besar.

Banner

Italia juga mendirikan stan untuk Kamar Dagang China-Italia dalam CICPE 2023, yang memamerkan produk-produk Italia, seperti perhiasan, garmen, aksesori, dan mesin pembuat gelato.

Sejak penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) untuk Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra antara China dan Italia pada Maret 2019, hubungan bilateral semakin diperkuat. Pada 2022, total volume perdagangan antara China dan Italia mencapai 77,9 miliar dolar AS, naik 5,4 persen secara tahunan (year on year/yoy).

CICPE ketiga, yang dibuka pada Senin (10/4) di Haikou, akan berlangsung hingga 15 April. Lebih dari 3.300 merek ambil bagian dalam pameran tersebut, dan lebih dari 1.000 produk akan diluncurkan untuk kali pertama di acara itu.

Banner

*1 dolar AS = 14.921 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan