Banner

China nyatakan keprihatinan atas jatuhnya korban sipil dalam konflik Palestina-Israel

Orang-orang menyalatkan jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan udara Israel di sebuah masjid di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan, pada 9 Oktober 2023. Jumlah korban tewas dan luka-luka akibat serangan Israel di Jalur Gaza bertambah menjadi 687 dan 3.726 orang, demikian menurut informasi terkini dari Kementerian Kesehatan Palestina pada Senin (9/10). Jumlah korban tewas akibat serangan mendadak Hamas di Israel selatan pada akhir pekan lalu bertambah menjadi lebih dari 900 orang, lapor stasiun berita milik pemerintah Israel Kan TV pada Senin. Jumlah korban luka yang diterima oleh rumah sakit bertambah menjadi 2.616 orang, termasuk 25 orang dalam kondisi kritis, demikian laporan terkini dari Kementerian Kesehatan Israel. (Xinhua/Khaled Omar)

Jalan keluar konflik Palestina-Israel terletak pada pelanjutan perundingan damai, implementasi solusi dua negara, serta penyelesaian yang komprehensif dan tepat untuk masalah Palestina, yang dapat menyingkirkan kekhawatiran yang sah dari semua pihak, melalui jalur-jalur politik sesegera mungkin.

 

Beijing, China (Xinhua) – China menyatakan keprihatinan mendalam atas jatuhnya korban sipil akibat konflik antara Palestina dan Israel, serta menentang dan mengecam tindakan yang membahayakan warga sipil, demikian disampaikan Juru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China Mao Ning pada Senin (9/10).

Banner

Mao menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah konferensi pers harian sebagai respons terhadap konflik antara Israel dan kelompok-kelompok bersenjata Palestina di Jalur Gaza yang telah menelan banyak korban di kedua belah pihak.

Mao mengatakan bahwa China sangat khawatir dengan eskalasi konflik antara Palestina dan Israel baru-baru ini, serta menyampaikan keprihatinan mendalam atas jatuhnya korban sipil akibat konflik tersebut. China menentang dan mengecam tindakan yang membahayakan warga sipil, katanya.

China menentang tindakan-tindakan yang memperluas konflik dan merusak stabilitas regional, serta mengharapkan segera tercapainya gencatan senjata dan pemulihan perdamaian. Masyarakat internasional harus sungguh-sungguh memainkan perannya dan bekerja sama untuk meredakan situasi, tuturnya.

Banner

Mao mengusulkan bahwa jalan keluar dari siklus konflik Palestina-Israel terletak pada pelanjutan perundingan damai, implementasi solusi dua negara, serta penyelesaian yang komprehensif dan tepat untuk masalah Palestina, yang dapat menyingkirkan kekhawatiran yang sah dari semua pihak, melalui jalur-jalur politik sesegera mungkin.

China akan terus bekerja tanpa henti bersama masyarakat internasional untuk mencapai tujuan tersebut, imbuh Mao.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan