Banner

Nilai mata uang lira Turkiye terhadap dolar AS jatuh ke level terendah baru

Foto yang diabadikan pada 21 September 2023 ini menunjukkan uang kertas dolar AS dan lira Turkiye di Ankara, Turkiye. (Xinhua/Mustafa Kaya)

Nilai mata uang lira Turkiye terhadap dolar AS jatuh ke level terendah baru pada 30 November 2023, diperdagangkan pada level hampir 29 lira per 1 dolar.

 

Istanbul, Turkiye (Xinhua) – Nilai mata uang lira Turkiye terhadap dolar AS jatuh ke level terendah baru pada Kamis (30/11), diperdagangkan pada level hampir 29 lira per 1 dolar.

Banner

Setelah sempat berfluktuasi di angka 29 pada sesi perdagangan pagi, nilai tukar lira Turkiye terhadap dolar AS berada di angka 28,95 lira pada pukul 11.15 waktu setempat (15.15 WIB).

Mata uang tersebut kehilangan sekitar 35 persen nilainya terhadap dolar AS sejak awal tahun ini.

Nilai lira terhadap euro sempat mencapai level 31,90 pada Kamis pagi sebelum turun ke level 31,55.

Banner

Bank sentral Turkiye menaikkan suku bunga acuannya sebanyak 500 basis poin menjadi 40 persen pada 23 November lalu untuk meredam devaluasi lira dan menjinakkan inflasi berkepanjangan, yang menanjak ke angka 61,36 persen pada Oktober.

Nilai mata uang lira
Seorang wanita mengunjungi kantor penukaran uang di Istanbul, Turkiye, pada 29 Mei 2023. (Xinhua/Omer Kuscu)

Pada periode Juni-Oktober, bank sentral negara itu secara agresif menaikkan suku bunga dari 8,5 menjadi 35 persen.

Menteri Keuangan dan Perbendaharaan Turkiye Mehmet Simsek mengatakan bahwa volatilitas nilai tukar secara bertahap menurun di Turkiye berkat sejumlah kebijakan yang diterapkan. Pada Rabu (29/11), Simsek mengatakan kepada stasiun televisi TRT bahwa volatilitas hampir mencapai 57 persen pada Mei, tetapi berhasil turun menjadi di bawah 8 persen pada November.

Banner

Gubernur Bank Sentral Turkiye Hafize Gaye Erkan pada Rabu mengungkapkan bahwa permintaan untuk instrumen simpanan mata uang nasional dan rekening deposito terus meningkat, seraya menekankan bahwa Turkiye terus mengupayakan disinflasi.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan