NC-212i buatan Indonesia mengudara di langit Thailand

NC 212i buatan Indonesia mengudara di langit Thailand
Fasilitas pembuatan pesawat terbang PT DI di Bandung, Jawa Barat. (Indonesia Window)
Advertiser Popin

Jakarta (Indonesia Window) – Pesawat multi guna NC-212i buatan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) bernomor registrasi AX-2125 mendarat mulus di Pangkalan Udara Nakhon Sawan, Thailand pada Senin (11/11) tepat pukul 17.00 waktu setempat, demikian dikutip dari situs jejaring Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Selasa.

Pesawat pesanan Pemerintah Thailand berbobot tujuh ton tersebut kemudian diserahkan dari Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Manajemen Program, PTDI, Iwan Krisnanto, kepada Direktur Jenderal Departemen Pembuatan Hujan dan Penerbangan Pertanian dan Kerja Sama Thailand, Dr. Surasri Kidtimonton.

Prosesi serah terima dilakukan dengan uji terbang selama dua jam guna melihat kinerja pesawat dalam kondisi dua mesin dihidupkan dan saat satu mesin dimatikan. Uji terbang tersebut juga menunjukkan kinerja pesawat saat mendarat.

Uji terbang tersebut dilakukan secara bersama-sama oleh Kapten Pilot Indonesia dan Kapten Pilot Thailand.

Duta Besar RI untuk Thailand Ahmad Rusdi turut menyaksikan seremonial serah terima pesawat produk nasional tersebut.

“Serah terima pesawat PT DI kepada Thailand ini terasa istimewa karena bertepatan dengan peringatan hari pahlawan,” ungkap duta besar.

Dia mengatakan peluang Indonesia untuk mengembangkan sektor industri strategis di Thailand sangat besar. Negeri Raja Maha Vajiralongkorn tersebut berencana memesan lagi pesawat sejenis dari PT DI.

Sebelumnya, pada 24 Oktober 2019, satu NC-212i dengan nomor registrasi AX-2124 juga telah mendarat di Pangkalan Udara Nakhon Sawan.

MenurutTim Teknisi PT DI, sebelum diserahterimakan kepada pihak Thailand, pesawat tersebut telah melalui uji coba dengan jam terbang tidak kurang dari 20 jam.

Data Kedutaan Besar RI di Bangkok menunjukkan antara tahun 1978 hingga 2016, Thailand telah membeli delapan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia. Kedelapan pesawat tersebut terdiri atas lima NC-212 untuk keperluan pertanian bagi Departemen Pembuatan Hujan, dan dua CN-235-200, serta satu satu CN-235-200M untuk alat transportasi militer bagi Kepolisian Kerajaan Thailand.

Dengan penyerahan dua pesawat pada 2019, maka Thailand telah membeli 10 pesawat buatan PT DI.

Pesawat NC-212i merupakan pesawat multiguna generasi terbaru dari NC-212 dengan kapasitas 28 penumpang, memiliki ramp door, kabin yang cukup luas dikelasnya, sistem navigasi serta komunikasi yang lebih moderen.

PTDI telah memproduksi 115 unit NC-212 untuk memenuhi pesanan di dalam negeri danluar negeri. Jumlah itu adalah sekitar 19,6 persen dari total 586 populasi seri NC-212 di seluruh dunia.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here