Banner

Dewan UE dan Parlemen Eropa capai kesepakatan soal reformasi kebijakan migrasi

Foto yang diabadikan pada 21 November 2023 ini memperlihatkan para migran di sebuah pusat penerimaan migran di pulau paling selatan Italia, Lampedusa.

Migran ilegal di UE akan diperiksa, data biometrik mereka akan diambil, dan tujuan mereka akan ditentukan melalui seperangkat aturan UE.

 

Brussel, Belgia (Xinhua) – Dewan Uni Eropa (UE) dan Parlemen Eropa pada Rabu (20/12) mencapai kesepakatan sementara yang akan secara menyeluruh mereformasi kebijakan suaka dan migrasi di blok tersebut, yang memecah kebuntuan selama bertahun-tahun dalam masalah ini.

Banner

“Reformasi ini merupakan bagian penting dari penyelesaian masalah ini,” ujar Menteri Dalam Negeri Spanyol Fernando Grande-Marlaska Gomez, yang negaranya saat ini memegang kepresidenan bergilir Dewan UE.

“Warga di seluruh UE ingin pemerintah mereka mengatasi masalah migrasi dan hari ini adalah langkah besar ke arah ini,” imbuhnya.

Di bawah kesepakatan tersebut, para migran ilegal yang tiba di UE akan diperiksa, data biometrik mereka akan diambil, dan tujuan mereka akan ditentukan melalui seperangkat aturan UE.

Banner
Migran ilegal di UE
Foto yang diabadikan pada 15 November 2023 ini memperlihatkan bagian dari gedung Komisi Eropa di Brussel, Belgia. (Xinhua/Zhao Dingzhe)

Sementara itu, mereka dapat dideportasi lebih cepat jika kasus mereka dianggap sebagai “instrumentalisasi migran,” kata Dewan UE.

Peraturan baru ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas sistem suaka, dan meningkatkan solidaritas di antara negara-negara anggota UE dengan meringankan beban bagi mereka yang berurusan dengan jumlah kedatangan migran tertinggi.

Perjanjian sementara tersebut akan diserahkan kepada negara-negara anggota UE setelah pekerjaan teknis.

Banner

Dewan UE dan Parlemen Eropa telah merundingkan pakta tersebut sejak Oktober. Sementara itu, UE baru-baru ini menghadapi beberapa gelombang migrasi.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan