Banner

Trump dijatuhi denda dalam jumlah besar pada kasus penipuan bisnis

Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terlihat di ruang sidang dalam persidangan penipuan perdatanya di Mahkamah Agung Negara Bagian New York di New York, Amerika Serikat, pada 18 Oktober 2023. (Xinhua/Pool/Jeenah Moon)

Mantan presiden Donald Trump harus membayar denda sebesar 355 juta dolar AS dalam kasus penipuan bisnis yang diajukan oleh Jaksa Agung Negara Bagian New York Letitia James.

 

New York City, AS (Xinhua) – Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan organisasi bisnisnya diperintahkan untuk membayar denda sebesar 355 juta dolar AS pada Jumat (16/2) dalam kasus penipuan bisnis yang diajukan oleh Jaksa Agung Negara Bagian New York Letitia James.

Banner

Untuk meminjam lebih banyak uang dan dengan suku bunga yang lebih rendah, Donald Trump dan entitas yang dia kendalikan menyerahkan data keuangan palsu secara terang-terangan kepada para akuntan, yang membuahkan laporan keuangan palsu, menurut keputusan dan perintah Arthur F. Engoron, seorang hakim Mahkamah Agung New York County.

“Fakta terdakwa dan saksi ahli menyangkal kenyataan, dan terdakwa gagal menerima tanggung jawab atau menerapkan kontrol internal guna mencegah terulangnya kembali (kejadian ini) di masa depan” di persidangan, ujar Engoron dalam ringkasan sebuah dokumen setebal 92 halaman.

Hakim tersebut melanjutkan penunjukan pemantau independen, memerintahkan penempatan direktur kepatuhan independen dan membatasi hak terdakwa untuk menjalankan bisnis di New York selama beberapa tahun.

Banner

Secara khusus, Donald Trump, Allen Weisselberg, mantan kepala keuangan Trump Organization, dan Jeffrey McConney, mantan controller Trump Organization, dilarang menjabat sebagai pegawai atau direktur perusahaan New York atau badan hukum lainnya di New York selama tiga tahun.

Mantan presiden Donald Trump
Para polisi berjaga di luar Trump Tower di New York, Amerika Serikat, pada 27 Juli 2018. (Xinhua/Li Muzi)

Weisselberg dan McConney dilarang secara permanen menjalankan fungsi kontrol keuangan di perusahaan New York atau badan usaha serupa di negara bagian tersebut.

Selain itu, Weisselberg serta Donald Trump, Jr. dan Eric Trump, putra Donald Trump, masing-masing didenda sebesar 1 juta dolar AS, 4,01 juta dolar AS, dan 4,01 juta dolar AS.

Banner

Eric Trump dan Donald Trump Jr. mengkritik keputusan tersebut dan pengacara Donald Trump, Chris Kise, juga mengindikasikan rencana untuk mengajukan banding.

Letitia James dijadwalkan untuk menyampaikan sambutan atas putusan itu pada Jumat malam waktu setempat.

Persidangan kasus ini dimulai pada 2 Oktober 2023 dan berakhir pada 11 Januari 2024 dengan Donald Trump hadir di pengadilan beberapa kali.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan