Makam dari periode awal Islam ditemukan di Makkah

Makam dari periode awal Islam ditemukan di Makkah
Sebuah artefak yang ditemukan di pemakaman Islam di Makkah. (Saudi Press Agency)

Jakarta (Indonesia Window) – Batu nisan yang berasal dari periode awal Islam ditemukan di dekat Pemakaman Al-Moalla di Makkah, menurut Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH).

Direktur Jenderal Registrasi dan Pelestarian Benda Purbakala di Sektor Warisan Nasional SCTH, Naif Al-Qanur, mengatakan artefak tersebut ditemukan saat sebuah perusahaan kontraktor melakukan penggalian untuk pembangunan tempat parkir pintar di dekat makam kuno itu yang terletak di utara Masjidil Haram.

“Makam-makan dengan prasasti yang bertuliskan kaligrafi Islam serta sebagian kecil dari tembikar yang ditemukan tersebut, semuanya berasal dari periode awal Islam. Potongan-potongan artefak ini diserahkan kepada SCTH sehingga para ahli di bagian barang antik dapat memeriksa dan mempelajarinya secara mendalam,” katanya.

Al-Qanur mengatakan setiap hari tim khusus dari SCTH akan menindaklanjuti  penggalian yang sedang berlangsung di situs itu guna mengantisipasi penemuan artedak atau tengara dalam jumlah lebih banyak, dan itu di bawah koordinasi langsung Walikota Makkah dan perusahaan kontraktor, lapor Kantor Berita Saudi Press Agency seperti yang dikutip dari Saudi Gazette di Jakarta, Senin.

Walikota telah mengumumkan penemuan makam bersejarah tersebut melalui situs resminya pada Sabtu ((29/12).

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here