HSBC raup laba sebelum pajak sebesar 21,7 miliar dolar AS pada H1 2023

Sejumlah nasabah menggunakan mesin ATM di luar kantor cabang bank HSBC di London tengah, Inggris, pada 4 Agustus 2020. (Xinhua/Ray Tang)

Laba HSBC sebelum dipotong pajak pada paruh pertama (H1) 2023 mencapai 21,7 miliar dolar AS, bertambah 12,9 miliar dolar AS dari tahun lalu, di tengah kenaikan suku bunga.

 

London, Inggris (Xinhua) – HSBC pada Selasa (1/8) melaporkan laba sebelum dipotong pajak pada paruh pertama (H1) 2023 mencapai 21,7 miliar dolar AS. Angka itu bertambah 12,9 miliar dolar AS dari tahun lalu, di tengah kenaikan suku bunga.

Ini mencakup pembalikan penurunan nilai yang berkaitan dengan rencana penjualan operasi perbankan retailnya di Prancis, dan keuntungan sementara yang diraup dari akuisisi Silicon Valley Bank Inggris, kata perusahaan itu.

Laba HSBC
Sejumlah nasabah mengantre di luar kantor cabang bank HSBC di London tengah, Inggris, pada 4 Agustus 2020. (Xinhua/Ray Tang)

“Terdapat perolehan laba berbasis luas yang baik di seluruh dunia, nilai pendapatan yang lebih tinggi pada bisnis-bisnis global kami yang didorong oleh kuatnya pendapatan bunga bersih, dan berlanjutnya kontrol biaya yang ketat,” papar Kepala Eksekutif Grup HSBC Noel Quinn.

Mengingat konsensus pasar saat ini terkait suku bunga bank sentral global, HSBC menyampaikan pihaknya akan menaikkan proyeksi pendapatan bunga bersih keseluruhan 2023 menjadi di atas 35 miliar dolar AS.

*1 dolar AS = 15.117 rupiah

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan