Banner

Fondasi dahan murbei dan cemara ditemukan di bawah tembok kota China kuno

Foto yang diabadikan pada 6 Januari 2023 ini menunjukkan dahan-dahan pohon cemara di sebuah situs peninggalan kuno di Shangqiu, Provinsi Henan, China tengah. (Xinhua/Li An)

Kota kuno China dari era Dinasti Song (960-1279) menggunakan lapisan dahan pohon murbei dan cemara sebagai fondasi tembok kota yang kokoh.

 

Zhengzhou, China (Xinhua) – Para arkeolog di Provinsi Henan, China tengah, menemukan sebuah lapisan dahan pohon murbei dan cemara yang membentang luas, yang diyakini sebagai fondasi tembok kota kuno.

Banner

Mencakup area seluas hampir 400 meter persegi di Kota Shangqiu, dahan-dahan pohon itu berasal dari era Dinasti Song (960-1279), demikian menurut institut peninggalan budaya dan arkeologi kota tersebut.

Dahan-dahan itu kemungkinan digunakan untuk memperkuat fondasi, karena ditemukan di bawah proteksi lereng tanah yang dimampatkan (rammed earth) di tembok kota tersebut dan di atas sebuah lapisan tanah, kata Yue Hongbin, kepala institut itu.

“Dahan-dahan tersebut menandakan ada sebuah lubang tanah lunak di bawahnya saat tembok dibangun. Tanpa dahan-dahan pohon tersebut, tembok tanah yang dimampatkan itu dapat ambles atau retak,” kata Yue, memuji kebijaksanaan kuno di balik desain tersebut.

Banner

Para peneliti mengatakan dahan-dahan berusia seribu tahun tersebut relatif terpelihara dengan baik mengingat temuan itu terkubur 10 meter di bawah tanah dan terlindungi oleh tanah lempung merah yang terbentuk akibat banjir Sungai Kuning.

Kota kuno China
Seorang arkeolog menemukan dahan-dahan cemara di sebuah situs peninggalan kuno di Shangqiu, Provinsi Henan, China tengah, pada 6 Januari 2023. (Xinhua/Li An)

Dunia bawah tanah Shangqiu merupakan situs ‘kota di atas kota’, karena kota-kota baru terus menutupi peninggalan-peninggalan kota lama sepanjang sejarahnya yang panjang hingga Periode Musim Semi dan Musim Gugur (770-476 SM).

Para arkeolog juga menemukan sejumlah sumur dan lubang bekas pembakaran di bawah dahan-dahan itu, serta perlengkapan sehari-hari seperti guci tembikar yang berasal dari era Dinasti Zhou Timur (770-221 SM).

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan