Survei ungkap makin banyak penduduk perkotaan China tingkatkan konsumsi

Sejumlah pelanggan berbelanja di sebuah toko bebas bea di Haikou, Provinsi Hainan, China selatan, pada 19 Januari 2023. (Xinhua/Pu Xiaoxu)

Konsumsi penduduk perkotaan China diharapkan meningkatkan dengan pengeluaran mereka terutama dialokasikan untuk pendidikan, perawatan medis, dan pariwisata, pada kuartal kedua 2023.

 

Beijing, China (Xinhua) – Semakin banyak penduduk perkotaan di China bersedia meningkatkan konsumsi mereka pada kuartal pertama 2023, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, menurut survei baru dari bank sentral China.

Dari 20.000 penabung bank perkotaan yang disurvei di 50 kota di seluruh China, sebanyak 23,2 persen menyatakan kesediaan mereka untuk meningkatkan konsumsi pada kuartal pertama tahun ini, naik 0,5 poin persentase dibandingkan kuartal sebelumnya, ungkap survei yang dilakukan oleh People’s Bank of China (PBOC) itu.

Proporsi responden yang lebih ingin berinvestasi mencapai 18,8 persen, naik 3,3 poin persentase dari kuartal sebelumnya.

Produk-produk keuangan yang diluncurkan oleh bank, perusahaan pialang, dan perusahaan asuransi menempati urutan teratas dalam daftar opsi investasi pilihan responden, disusul oleh dana perwalian (trust fund) dan saham, tunjuk survei tersebut.

Sekitar 58 persen responden cenderung memilih untuk memperbanyak tabungan mereka, turun 3,8 poin persentase dari kuartal sebelumnya.

Survei itu menunjukkan bahwa masyarakat berharap dapat meningkatkan pengeluaran mereka, terutama untuk pendidikan, perawatan medis, dan pariwisata, pada kuartal kedua 2023.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan