Komunitas Indonesia-Australia di Newcastle rayakan HUT RI ke-74

Komunitas Indonesia-Australia di Newcastle rayakan HUT RI ke-74
Konsul Jenderal RI di Sydney, Heru Hartanto Subolo, memberikan sambutan pada jamuan makan malam Hari Kemerdekaan Indonesia yang digelar oleh Komunitas Indonesia-Australia (IAC) di Newcastle, Australia. (KJRI Sydney)

Jakarta (Indonesia Window) – Komunitas Indonesia-Australia (IAC) di Newcastle, Australia baru-baru ini menggelar jamuan makan malam Hari Kemerdekaan Indonesia di Restoran Tiger Cardiff RSL.

Acara tersebut diramaikan oleh sekitar 100 orang anggota IAC yang berada di daerah Newcastle dan Hunter, negara bagian New South Wales serta dihadiri oleh Konsul Jenderal RI di Sydney, Heru Hartanto Subolo, beserta istri sebagai tamu kehormatan.

“Saya merasa gembira melihat tingkat keterwakilan masyarakat Indonesia dan masyarakat Australia pada acara perayaan malam ini,” kata Konsul Jenderal Subolo dalam sambutannya, menurut pernyataan yang diterima di Jakarta, Ahad.

IAC merupakan organisasi nirlaba yang beranggotakan  masyarakat Indonesia danAustralia yang berada di daerah Newcastle dan Hunter.

Para anggota memiliki kecintaan pada Indonesia dan memberi perhatian khusus pada kemajuan hubungan bilateral antara kedua negara.

“Acara ini merupakan refleksi kedekatan hubungan Indonesia dan Australia, yang sudah terjalin jauh sebelum Indonesia mencapai kemerdekaan,” ucap Konsul Jenderal Subolo.

Setiap tahun IAC memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia dengan menggelar jamuan makan malam (IIDD) yang selalu dihadiri oleh ratusan warga Indonesia dan Australia.

Dari total 322.000 penduduk di Newcastle (sensus penduduk tahun2016), 200 orang diantaranya adalah masyarakat Indonesia atau memiliki latar belakang Indonesia.

“Hubungan Indonesia dan Australia saat ini berada pada tingkat yang sangat baik, bahkan telah meningkat menjadi kemitraan Komprehensif Strategis. Saya mengajak masyarakat Indonesia dan  Australia di Newcastle dan Hunter untuk turut berkontribusi dalam kemitraan komprehensif strategis ini,” kata konsul jenderal.

Setiap tahun masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Sydney yang mencakup negara bagian New South Wales, Queensland, dan Australia Selatan,  menyelenggarakan sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati  Hari Kemerdekaan Indonesia.

Acara tersebut diantaranya upacara bendera, pesta rakyat, bazaar, dan jamuan makan yang selalu diramaikan oleh masyarakat Indonesia dan Australia.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here